Self Development

Pekerjaan Baru: 5 Tips Cepat Beradaptasi di Kantor

Tips adaptasi dengan pekerjaan baru. Credit Photo: berkshirebsa.com

Sayaajarkan – Bisa jadi ini pertama kalinya kita bekerja, atau sudah kantor yang kesekian. Apapun itu, masuk ke tempat kerja baru bisa dibilang mirip-mirip hari pertama sekolah. Selain terasa excited, melakoni pekerjaan di minggu-minggu pertama bisa terasa begitu mengintimidasi.

Semuanya serba baru dan kita belum terlalu mengenal siapapun. Well, supaya cepat membaur dan diterima oleh rekan kerja baru, sini saya ajarkan caranya, dirangkum dari The Undercover Recruiter:

Buang Sifat Pemalu

Meski anak baru, jangan terlalu pemalu. Tak kenal tak sayang. Tak ada cara lebih baik memulainya selain dengan memperkenalkan diri duluan. Gunakan skill networking kita, tak perlu menunggu dikenalkan. Gunakan setiap kesempatan untuk memperkenalkan diri dan bertanya soal posisi orang lain di kantor. Selain dapat pekerjaan baru kita juga jadi dapat teman dan kenalan baru.

Tips adaptasi dengan pekerjaan baru.

Jangan menutup diri ketika anda sedang mencoba beradaptasi dengan pekerjaan baru. Itu akan membuat minggu-minggu pertama anda jadi terasa lebih sulit. Credit Photo: videoblocks.com

Ikuti Budaya Kantor

Setiap perusahaan punya kultur dan gayanya masing-masing. Apakah mereka formal, birokratis, atau informal dan santai seperti keluarga? Supaya diterima masuk ke dalam pergaulan, pahami gaya kantor baru kita dan sesuaikan diri. Selama baik dan memperlancar pekerjaan, ikuti saja. Oh ya, pastikan selalu datang tepat waktu ya.

Jangan Lancang

Betul-betul cari tahu dan pahami job description, wewenang dan dan tanggung jawab kita serta orang lain di kantor. Dengan begitu, semuanya lancar mengikuti ‘rantai komando’ dan tak ada yang merasa dilangkahi. Tapi jangan takut mengutarakan pendapat selama pada waktu dan tempat yang tepat.

Minta Masukan

Tak ada yang sempurna, sejago apapun kita. Makanya jangan sungkan meminta masukan dan kritik dari siapapun. Kita sendiri kan yang untuk kalau mengetahui kekurangan kita? Dengan mengetahuinya, kita jadi tahu harus memperbaikinya supaya lebih baik kedepannya.

Tips adaptasi dengan pekerjaan baru.

Jangan segan meminta masukan. Kamu memerlukannya untuk bisa memperlihatkan kemampuan kamu yang terbaik. Credit Photo: Shutterstock

Rajin Tanya

Apalagi sebagai anak baru. Jangan ragu sering bertanya soal pekerjaan kepada sosok senior yang kita anggap jago di kantor. Selama pada waktu dan tempat yang tepat, saya rasa semua orang mau membantu.

Tapi juga jangan sedikit-sedikit tanya karena akan mengganggu. Pada intinya kan kita dibayar buat bekerja, bukan belajar? Anggaplah pembelajaran kita sebagai kegiatan ‘sambil menyelam minum air.’

Bagaimana menurutmu? Semoga tips di atas bermanfaat. Tentunya setiap orang mungkin punya pengalaman dan caranya yang berbeda dalam beradaptasi di kantor baru. Beri tahu kami, ya!

Click to comment
To Top