Self Development

Naik Gaji? Gampang kok! Tapi Pikirkan 5 Hal Ini

Naik Gaji. Credit Photo: timeshighereducation.com

Sayaajarkan – Susah menabung? Merasa gaji atau penghasilan yang kita terima setiap bulannya sebagai karyawan sudah tidak relevan lagi? Padahal dulu kita sudah berhasil mendapatkan gaji tinggi setelah sukses menjalani wawancara. Itu tandanya kita perlu minta naik gaji.

Jangan malu! Percaya diri dan minta naik gaji saja ke bos atau atasan kita! Tapi sebelum memulai, ada baiknya pikirkan lima hal berikut.

Kualitas diri

Coba evaluasi diri sendri, apakah kita sudah pantas dibayar lebih tinggi alias naik gaji? Apakah kontribusi kita sedemikan nyata dan besarnya terhadap laju perusahaan? Bila ya, kita pantas dibayar mahal.

Naik gaji

Kalau kerja masih malas-malasan, mending pikir dulu deh sebelum meminta naik gaji.

Mampukah keuangan perusahaan

Bila kita sudah merasa pantas dibayar mahal, pertanyaan berikutnya adalah apakah perusahaan mampu menggaji kita sedemikian tinggi? Atau jangan-jangan mudah sekali bagi mereka merekrut tenaga kerja baru dengan gaji sekecil kita saat ini?

Untuk perusahaan start-up yang baru saja mendapat suntikan dana investasi jutaan dolar, atau company dengan nama besar mungkin bukan hal sulit menggelontorkan uang demi kebaikan usahanya.

Namun bila sebaliknya, saat keuangan perusahaan hanya cukup untuk sekedar bertahan hidup, mungkin kita harus pikir dua kali untuk minta naik gaji.

Pemilihan waktu yang tepat

Mirip poin no.2 diatas, bila keadaan ekonomi atau perkembangan bisnis kantor tempat kita bekerja sedang bagus-bagusnya, meminta kenaikan gaji rasanya sangat layak.

Baik start-up dengan sokongan investasi, perusahaan skala besar, atau unit usaha kecil, bisnis adalah bisnis.

Naik gaji`

Salah satu cara paling masuk akal untuk naik gaji adalah dengan mencari perusahaan baru yang siap membayar lebih. Credit Photo: freshpress.info

Siapkan mental bila ditolak

Meskipun merasa pantas, keuangan perusahaan mumpuni, dan kita wajib dibayar lebih tinggi dari gaji kita sekarang, keputusan akhir tetaplah pada si pemberi kerja. Persiapkan mental jika permintaan kita ditolak, jangan terlalu menganggapnya personal. Dipikir santai saja, sambil melakukan poin terakhir di bawah.

Melamar pekerjaan baru

Saat usaha kita meminta kenaikan gaji tidak berhasil, sabar. Jangan buru-buru resign karena kecewa. Apalagi bila belum mendapatkan pekerjaan baru yang gajinya lebih tinggi. Cari terus info lowongan pekerjaan seperti di Lowongan Jooble dan kesempatan baru, tingkatkan skill. Kata orang, kerja keras tidak mengkhianati hasil!

Oke!? Sukses terus dan tetap semangat, ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top