Self Development

Pilihan Hidup: Bertanggung Jawab pada Diri Sendiri

Pilihan hidup. Credit Photo: YouTube

Sayaajarkan – Mengambil sebuah keputusan memang bukan hal mudah. Tapi membiarkan orang lain yang menentukan masa depan kamu juga bukanlah langkah yang bijak. Karena yang akan menjalani pilihan hidup itu nantinya adalah diri kita sendiri.

Sebenarnya sah-sah saja untuk meminta pendapat atau saran dari orang lain terkait rasa khawatir akan pilihan hidup. Namun, gunakan hanya sebagai pertimbangan. Pada akhirnya yang harus memutuskan adalah diri kita sendiri.

Untuk tetap konsisten terhadap pilihan hidup yang kita ambil, kita harus siap dengan konsekuensi yang akan kita hadapi di tengah jalan. Jangan menyerah hanya karena kita mendapat sedikit hambatan di tengah jalan. Karena di hidup ini memang tidak ada hal yang mudah untuk dijalani.

Lalu, apa saja sih yang diperlukan supaya kita bisa konsisten terhadap pilihan hidup kita, check this out:

Pilihan hidup.

Jangan biarkan ketakutan akan kegagalan membuat kamu tak berani mengambil langkah sendiri. Credit Photo: Observant Bystander

Setiap orang harus punya goals atau tujuan

Jika kita ingin menjadi seorang guru, kita harus belajar dan mengambil pendidikan sebagai seorang guru, lalu ikut setiap proses dan tingkatannya. Jadi apapun yang ingin kita capai atau impikan, semua harus diraih dengan sabar menjalani prosesnya.

Follow your passion

Kita harus tahu apa yang jadi passion kita dan apa yang jadi kelebihan dan kekurangan kita. Kesemua informasi itu akan membuat kita tahu bagaimana cara membekali diri supaya bisa teguh menjalani proses meraih mimpi.

Jangan menjadi sama dengan orang lain

Mengidolakan seseorang boleh. Tetapi jangan lantas berusaha menjadi seperti dia. Karena jalan yang di tempuh setiap orang berbeda dan pilihan yang dibuat pun tak pernah sama.

Pilihan hidup.

Asalkan konsisten, semua orang bisa menjadi Wonder Woman atau Superman dengan pilihan hidup yang diambilnya sendiri. Credit Photo: Sciencefiction.com

Sebagai seorang wanita, terkadang saya juga ingin jadi seperti wonder woman yang cantik, kuat dan berani. Namun, ternyata untuk menjadi wanita yang kuat seperti dia tak harus menjadi cantik seperti Gal Gadot, dan kuat seperti superman.

Cantik bisa tercermin dari sikap dan perilaku kita. Sementara untuk menjadi kuat, kita bisa melatihnya dengan pilihan yang kita buat dan bertahan menjalani proses-nya.

Jadi, siapapun kamu, teguhlah pada pilihan yang kamu buat, dan ciptakanlah sejarah besar dari pilihanmu itu.

Click to comment
To Top