Self Development

Resign dari Tempat Kerja? Cek 3 Hal Ini

Resign. Credit Photo: thebalancecareers.com

Sayaajarkan – Tak ada yang abadi di dunia ini, termasuk soal pekerjaan. Entah suka atau tidaknya kita dengan tempat kerja kita saat ini, akan ada hari dimana kita memutuskan untuk resign dan mencari pekerjaan baru. Salah satu alasan yang paling banyak dipakai adalah karena dijanjikan naik gaji di tempat lain.

Ibarat slogan ‘Semua akan indah pada waktunya’ yang dipelesetkan menjadi ‘Semua akan pindah pada waktunya,’ kata resign memang akan selalu jadi pilihan di saat kita bekerja di sebuah perusahaan.

Dan kalau kamu sedang berencana untuk melakukannya, pastikan kamu sudah mengecek beberapa hal yang saya rangkum di bawah ini. Sini saya ajarkan.

Resign

Saat memutuskan resign, lakukanlah sesuai prosedur agar citra kita tetap baik di mata perusahaan. Credit Photo: Open College

Surat Keterangan Pernah Bekerja

Meski hanya satu lembar, Surat Keterangan Pernah Bekerja merupakan dokumen yang sangat penting untuk dimiliki ketika mengundurkan diri dari sebuah perusahaan. Surat ini nantinya bisa kita pakai sebagai pendukung CV saat melamar di tempat kerja baru.

Biasanya, perusahaan akan memberikan surat ini setelah kita menuntaskan semua kewajiban dan tanggungjawab yang kita emban di kantor. Jadi, jangan malas untuk menyelesaikan semuanya dengan baik supaya bisa mengundurkan diri dengan citra yang profesional.

BPJS Ketenagakerjaan

Ketika dalam proses resign, jangan lupa juga untuk meminta surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan. Surat ini bisa dipergunakan untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan yang saldonya sudah otomatis terkumpul selama kita bekerja.

Kalau belum butuh-butuh banget, kita juga bisa memilih untuk melanjutkan tabungan BPJS Ketenagakerjaan di perusahaan yang baru.

Resign

Jangan gegabah dalam mengambil keputusan. Termasuk soal resign. Credit Photo: ruzysmusings.com

Pastikan sudah mendapat pekerjaan baru sebelum resign

Terakhir, pastikan kita telah memiliki pekerjaan baru sebelum mengundurkan diri. Jangan nekat meninggalkan pekerjaan yang digeluti sekarang tanpa ada persiapan, karena nasib yang jadi taruhannya.

Kalau belum memiliki pekerjaan baru, lebih baik bersabar dulu. Bekerjalah dengan baik sambil menunggu lamaran yang kita buat mendapat jawaban.

Pastikan juga bahwa keinginan resign kita muncul dari pertimbangan yang matang, bukan karena faktor emosi sesaat, supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Nah, itu tadi tips buat kamu yang tengah kepikiran untuk resign. Semoga membantu ya, dan semoga segera mendapat pekerjaan yang lebih baik.

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top