Self Development

Amal Baik Yang Dianjurkan Di Bulan Ramadhan

amal baik

Sayaajarkan – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi kaum Muslimin. Selain karena hanya dipertemukan setahun sekali, beragam amal baik di bulan Ramadhan akan berpahala ganda. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, ayuk kita tingkatkan ibadah di bulan Ramadhan ini.

Berikut adalah beberapa amal baik yang dianjurkan untuk kita lakukan. Sangat mudah untuk kita terapkan. Kita tinggal kuatkan niat kita saja.

Yuk kita simak:

Puasa

Betul. Puasa adalah amalan baik saat bulan ramadhan. Kita justru dianjurkan untuk melakukan puasa selama 1 bulan penuh. Puasa di bulan Ramadhan sangat spesial lho guys. Selain menambah pahala, puasa di bulan ramadhan dapat menghapuskan dosa kita di masa lalu.

Nih dalilnya kalo gak percaya:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari [38, 1901, 2014] dan Muslim [760] dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu’anhu)

Jadi yang masih bolong-bolong puasanya, yang masih suka batal di siang hari, yuk kita mulai niatkan untuk dapat melakukan puasa penuh satu bulan. Jika salah satu masalahnya karena takut kelaparan, pastikan kita bangun sahur ya.

Oh tambahan, Hukumnya wajib ya bagi yang beriman 🙂

amal baik puasa

Puasa di bulan Ramadhan Wajib hukumnya bagi umat Muslim. Credit Photo: gethealthycairo.com

Shalat Tarawih

Amal baik yang dianjurkan kepada kita saat bulan ramadhan adalah Shalat Tarawih. Sifatnya memang sunnah. Kita melakukan Shalat Tarawih setelah solat Isya.

Nah kelebihan Sholat Tarawih selain bisa mendapatkan pahala ganda, shalat ini juga sebagai sarana menjalin silaturahmi dengan tetangga, terutama saat mengikuti ibadah shalat Tarawih berjamaah di masjid.

Kita bisa merujuk pada Hadis ini yah:

إِنَّ رَمَضَانَ شَهْرٌ فَرَضَ الله صِيَامَهُ وَإِنِّيْ سَنَنْتُ لِلْمُسْلِمِيْنَ قِيَامَهُ، فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنَ الذُّنُوْبِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ خرجه النسائي، وقال: الصواب عن أبي هريرة

“Sungguh, Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan Allah puasanya dan kusunnahkan shalat malamnya. Maka barangsiapa menjalankan puasa dan shalat malam pada bulan itu karena iman dan mengharap pahala, niscaya bebas dari dosa-dosa seperti saat ketika dilahirkan ibunya.” (HR. Abu hurairah)

amal baik

Sholat Tarawih berjamaah sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Credit Photo: tribunnews.com

Bersedekah

Bersedekah merupakan amal baik berikutnya yang sangat dianjurkan. Rizki yang kita miliki, terutama bagi kita yang mendapatkan THR, sebagian adalah hak saudara-saudara kita yang kurang mampu. Maka berbagilah ya sebagian rezeki kita ke panti asuhan, ke pengemis di jalanan, ke saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18)

InsyaAllah ini adalah janji Allah bahwa harta kita justru akan dilipatgandakan. Jadi jangan sampai kita berpikir bahwa nanti harta kita akan habis. Liat coba beberapa dermawan di dunia ini. Baik yang Muslim maupun tidak, mereka tidak jatuh miskin kan?

Sarana bersedekan atau berdonasi sekarang sudah banyak kok. Baik online maupun offline kita akan sangat mudah menemukan platform untuk mendonasikan harta kita kepada yang kurang mampu.

amal baik

Allah berjanji akan melipatgandakan harta dan rizki kita jika bersedekah. Credit Photo: samaa.tv

Bahkan beberapa perusahaan seperti Unilever, membuat program “Belanja Berbagi” yaitu kegiatan yang mengajak konsumen untuk berdonasi ke total 1001 panti asuhan selama 12 bulan. Caranya cukup mudah kok, kita hanya perlu berbelanja dari 17 produk Unilever (Axe, POND’s, Sunsilk, Citra, Pepsodent, Lifebuoy, Dove, Hijab Fresh, Blueband, Royco, Bango, Sariwangi, Wall’s, Molto, Sunlight, Rinso, Wipol)

Periode Belanja Berbagi yang akan masuk dalam perhitungan donasi Belanja Berbagi adalah pada periode 15 May 2018- 15 Juni 2018.

Mari kita donasikan/sedekahkan harta kita ke tempat yang nyaman bagi hati kita.

Berdzikir

Amal baik termudah yang sangat dianjurkan baik di bulan Ramadhan maupun tidak. Berdzikir bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Manfaatnya pun sangat luar biasa lho Guys:

  • Mendapatkan ridho Allah swt, pahala, dan ampunan-Nya. Firman Allah swt: “Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al Ahzab : 35).
  • Dengan mengingat Allah, Allah pun akan mengingat kita pula. Allah swt berfirman: “Karena itu, ingatlah kamu kepada Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu (dengan memberikan rahmat dan pengampunan)”. (Al Baqarah : 152)
  • “Barangsiapa mengucapkan “LAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHU LAA SYARIIKALAHU LAHUL MULKU , WALAHUL HAMDU WAHUWA ‘ALAA KULLI SYAI’IN QODIIR” (tidak ada ilah kecuali Allah, yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pula segala pujian. Dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu) setiap hari 100x, niscaya ucapannya itu menyamai pahala membebaskan sepuluh budak. Juga, ditulis baginya 100 kebaikan, dan dihapus darinya 100 kejelekan. Juga, dalam sehari itu dia dijaga setan sampai sore harinya. Tidak ada seorang pun yang mengamalkan sesuatu yang lebih baik darinya selain orang yang mengucapkan lebih banyak darinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Barangsiapa mengucapkan “SUBHAANALLOH  WABIHAMDIHI” (Maha Suci Allah dengan segala pujian bagi-Nya) niscaya ditanamkan baginya sebatang pohon kurma di surga“. (Hadist Shahih diriwayatkan oleh at-Tirmidzi)
  • Dzikir dapat menjauhkan kita dari lisan yang tidak bermanfaat seperti ghibah dan sebagainya yang diharamkan oleh Allah swt, serta terhindar dari segala jenis penyakit hati. Dengan dzikir mulut kita selalu mengucapkan asma-Nya dan hati kita selalu mengingat-Nya.
  • Dengan berdzikir berarti banyak menyebut nama Allah, dan kita akan beruntung. Firman Allah swt:  “Dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS. Al Anfal : 45).

Oleh karena itu, saat bulan Ramadhan, kita perbanyak dzikir kita yah 🙂

amal baik

Sering-seringlah kita berdzikir karena akan dimudahkan urusan oleh Allah. Credit Photo: bukubiruku.com

Tentu saja amal baik yang dianjurkan masih banyak lagi seperti zakat fitrah, baca Al-Quran, I’tikaf, dan lain-lain.

Yuk, kita buat Ramadhan kita penuh dengan amal baik demi mendapatkan pahala dan keberkahan. Selamat berpuasa!

 

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top