Self Development

Wawancara Pekerjaan: 5 Tips Tinggalkan Kesan Baik

wawancara pekerjaan

Sayaajarkan – Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda, begitu kata iklan parfum terkenal yang tak asing lagi di telinga kita. Kesan pertama memang penting banget, tak cuma di masalah percintaan, tapi juga di semua urusan termasuk wawancara pekerjaan.

Well, bayangkan saja sedang mewawancarai calon karyawan di kantor. Melihat kandidatnya kurang ramah dan kaku padahal dia sedang melamar untuk posisi customer service, orang waras manapun rasanya akan mudah untuk melewatkannya.

Bahkan, menurut “The Learning Blog” Linkedin, kita hanya punya waktu tujuh detik untuk meninggalkan kesan pertama yang baik. Ibaratnya, tidak ada waktu untuk kesalahan karena seringkali tak ada kesempatan kedua.

Tapi tenang, mengikuti cara-cara dari pembicara beken sekaligus penulis buku “The Silent Language of Leaders” Carol Kinsey Goman, sini saya ajarkan cara meninggalkan kesan pertama yang baik, terutama buat yang akan menjalani wawancara kerja.

Selanjutnya, ya mungkin terserah HRD.

Selain mengikuti tips di bawah ini, jangan lupa untuk percaya diri pada kemampuanmu. Credit photo: pixabay

Tips Memberi Kesan Baik saat Wawancara Pekerjaan

Sesuaikan bahasa tubuh

Bahasa tubuhmu akan merefleksikan sikapmu.

Jadi kalau kita ingin dilihat sebagai pribadi yang ramah dan terbuka, ya tentunya sesuaikan bahasa tubuh kita. Misalnya, jangan bertolak pinggang saat bertemu orang.

Tegakkan postur tubuh

Postur tubuh memengaruhi cara orang lain memandang kita. Lakukan latihan ini: angkat pundak sampai telinga, putar ke belakang lalu turunkan.

Hal tadi akan membuat postur tubuh kita terlihat tegak. Tak hanya ini akan membuat kita terlihat percaya diri, kita juga kan merasa lebih percaya diri di dalam.

Jangan lupa senyum

Senyum itu ibadah. Lagipula siapa yang suka dengan orang jutek? Urusan karier, sikap macam ini rasanya tak akan membantu kita mendapatkan pekerjaan impian.

Jadi jangan lupa senyum setiap kali bertemu orang baru. Jangan menunggu disapa, tampilkan senyum terbaikmu begitu memasuki ruangan.

Kontak mata

Kontak mata itu penting. Ada yang suka kalau orang yang sedang kita ajak bicara malah melihat ke arah lain? Seperti dicuekin bukan?

Saat bertemu orang, coba membiasakan diri memperhatikan bola mata mereka. Ini akan membuat mereka merasa benar-benar diperhatikan. Tapi jangan berlebihan sampai melotot ya!

Naikan alis

Banyak cara menampilkan kesan ramah. Selain tersenyum, melebarkan mata sambil menaikan alis jadi salah satunya. Coba saja. Orang pasti akan merasa dihargai dengan sikap kita itu.

Bagaimana? Sudah siap menjalani wawancara pekerjaan?Jangan menyerah, dan semoga sukses!

Referensi:
https://learning.linkedin.com/blog/learning-tips/body-language-to-make-a-good-impression

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top