Self Development

Lulusan SMA? Ini 3 Tips Mutlak agar Sukses

Tips Sukses Bagi Lulusan SMA

Sayaajarkan – Kuliah umumnya memang mahal. Hal itu tentu jadi tantangan tersendiri bagi para lulusan SMA yang mau melanjutkan pendidikan, entah itu ke universitas swasta maupun perguruan tinggi negeri (PTN).

Tapi jangan berkecil hati kalau kita tidak mampu langsung melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah selepas lulus dari sekolah menengah atas (SMA). Ibarat peribahasa banyak jalan menuju Roma, sukses adalah milik semua yang mau berusaha.

Sini saya ajarkan tipsnya, berkaca dari kisah hidup tiga dekade lebih ada di dunia.

Kiat Sukses bagi Lulusan SMA

Jangan malu, sikat semua pekerjaan

Sudah jadi rahasia umum bahwa sulit mencari kerja kalau cuma lulusan SMA. Tidak salah memang, tapi tidak sepenuhnya benar.

Tentu sulit melamar lowongan pekerjaan impian bergaji besar dengan bekal ijazah seadanya. Tapi kalau belum tahu, banyak sarjana yang kesehariannya berkutat dengan gaji pas-pasan kok!

Nah makanya, coba lamar semua lowongan pekerjaan yang halal dan masuk akal sesuai kemampuan kita, serta nikmati dan berikan yang terbaik bila diterima. Selain bisa menghidupi diri sendiri dan menabung, kita sudah selangkah lebih maju dengan menambahkan pengalaman ke dalam CV.

Jangan malu karena rasa malu tidak bisa mengenyangkan. Lagipula bekerja apapun lebih baik buat mental dan keuangan kita daripada menjadi pengangguran. Orang pun pastinya akan salut melihat sosok pekerja keras.

Berbagai pengalaman kerja yang kamu miliki akan jadi senjata tersendiri untuk kesuksesan kamu. Credit photo: Executive Style

Banyak bergaul

Networking itu penting, dan katanya banyak teman banyak rejeki. Ada yang juga percaya bahwa sepintar-pintarnya kita kalau tak punya banyak koneksi mungkin percuma saja. Memang kadang pekerjaan impian datang berkat rekomendasi teman yang mengenal baik etos kerja dan kepribadian kita.

Nah, siapapun dan seperti apapun kondisi kita, tetaplah jadi pribadi yang asyik dan menyenangkan. Jangan minder. Selain dari lingkungan pekerjaan, teman-teman baru juga bisa kita dapat dari manapun.

Gabung komunitas-komunitas, atau jalani hobi kita. Suka tinju? Ikut latihan di sasana! Suka menonton film? Gabung komunitas diskusi film! Tidak harus mahal kok, pilih saja yang sesuai kemampuan kita saat ini. Tidak dapat pekerjaan pun hidup kita akan tidak akan membosankan, bisa jadi energi buat terus semangat meniti masa depan bukan?

Bagaimana? Siap sukses atau memilih jadi pecundang abadi yang terus mengeluh dan iri dengan hidup orang lain? Pilihan ada di tangan kita.

Jika memang ada kesempatan, tidak ada salahnya meneruskan pendidikan. Credit photo: pixabay

Menyelesaikan Pendidikan

Kuliah di Universitas Terbuka

Memang sudah jamak di benak kita kalau biaya kuliah itu mahal, tapi sebenarnya Universitas Terbuka (UT) membuktikan sebaliknya.

Mungkin banyak yang belum tahu, UT mungkin merupakan universitas termurah di Indonesia. Tanpa uang gedung, saat ini cukup membayar biaya antara Rp 36.000,- sampai Rp 75 ribu (tergantung program studi) per SKS kita sudah bisa kuliah. Sebagai gambaran, untuk program studi Sastra Inggris Bidang Minat penerjemahan biaya kuliah per semesternya tidak sampai Rp 1.000.000 per semester. Itu pun kalau kita mengambil penuh 24 SKS.

Cara kuliahnya pun tidak konvensial, menggunakan metode pembelajaran jarak jauh. Jadi tidak perlu tatap muka di kelas kalau terlalu sibuk bekerja. Cukup belajar sendiri di rumah dan ikut ujian setiap semesternya.

Jangan khawatir abal-abal, UT adalah PTN yang telah berdiri sejak 1984. Banyak nama populer yang kuliah di sana, dari artis macam Joshua Suherman, Tamara Geraldine, Dewi Hughes, Asmirandah, hingga Diah Permatasari, sampai politikus seperti Wiranto dan istri mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Ani.

Nah, kalau sudah kuliah dan lulus jadi sarjana, sudah tidak alasan lagi tuh buat banyak mengeluh. Jadi bisa melamar kerja impian kan? Lagipula seperti apapun keadaannya, semuanya tergantung niat, usaha dan sedikit keberuntungan.

Referensi:
https://www.ut.ac.id/
https://hot.detik.com/celeb/945828/diah-permatasari-kembali-ke-bangku-kuliah
https://www.jpnn.com/news/tiga-selebritas-ini-pilih-kuliah-di-universitas-terbuka
https://www.jawapos.com/pendidikan/03/04/2018/pernah-kuliah-di-ut-wiranto-berbagi-tips-sukses
dll

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top