Self Development

Fresh Graduate? Lupakan Gaji Besar, 3 Hal Ini Lebih Penting

Fresh Graduate

Sayaajarkan – Fresh graduate? Sedang mencari lowongan pekerjaan tapi malas karena gajinya kecil? Atau hanya lulusan SMA dan semua pekerjaan yang tersedia terasa tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup?

Hmm, agak mustahil rasanya mendapatkan persis yang kita mau di saat-saat seperti ini. Gaji besar, asuransi terbaik, jaminan jadi karyawan tetap, pesangon dan lain sebagainya. Situ siapa?

Kecuali mungkin bila kita memang memenuhi semua standar tinggi yang dicari perusahaan. Tapi kenyataannya tidak semua orang beruntung memilikinya kan? Dan suka tidak suka, kita tidak hidup di dalam dunia yang ideal. Jadi daripada kebanyakan memilih mari realistis dan melanjutkan hidup.

Jangan kebanyakan bermimpi. Daripada terus memikirkan gaji besar saat hendak mencari kerja, lebih baik sikat dulu apa yang tersedia. Lakukan tugas-tugas sepenuh hati, sambil terus meningkatkan kualitas diri. Selain uang, pikirkan tiga hal ini saat mengambil pekerjaan pertamamu.


Tips Kerja untuk Fresh Graduate

Status sosial

Bekerja apapun rasanya lebih membanggakan daripada berstatus pengangguran. Kecuali mungkin bila uang tabungan kita banyak dan memang sedang ingin untuk bersantai dan liburan. Di luar itu, malu kan pastinya pas ditanya orang pekerjaannya apa? Sudah bokek, tambah stres pula.

Jadi segerakan bekerja apapun itu. Tidak ada yang instan, asal ada kemauan, disitu ada jalan. Mulai gapai mimpimu, dengan beraksi. Semua yang besar bermula dari yang kecil! Asyik lho nanti saat kita “sukses”, mengenang kembali perjuangan masa lalu. Bisa jadi inspirasi buat orang lain!

Terlalu pilih-pilih pekerjaan hanya akan menundamu mendapatkan pengalaman baru. Credit Photo: Unsplash

Perbanyak Pengalaman

Pengalaman kerja dan skill

Merasa pintar karena lulus kuliah dengan IPK tinggi? Atau sudah “khatam” dengan berbagai ilmu vokasi yang didapat di SMK? Tunggu dulu, dunia kerja sebenarnya jauh lebih kompleks dari yang kita kira.

Berbagai masalah baru senantiasa datang menghampiri. Sejago-jagonya kita, bila tidak terasah, semua skill yang kita miliki akan mandek di situ-situ saja. Ibarat komputer, Pentium 4 yang dulu dianggap canggih sekarang bagai fosil belaka.

Jadikan awal karier sebagai “training ground” untuk menghadapi hal-hal baik berikutnya. Tambah skill, tambah jam terbang, otomatis tambah nilai jual bukan? Baru deh mencari pekerjaan baru dengan gaji lebih besar berbekal pengalaman yang sudah bisa kita tambahkan ke dalam CV ini. Pengalaman kerja penting banget kan.

Relasi adalah Hal Penting untuk Fresh Graduate

Relasi/pertemanan

Ini nih yang paling penting dalam dunia kerja. Yep, relasi dan pertemanan! Bila kita dianggap sebagai pribadi yang baik dan etos kerja kita dikenal orang, besar kemungkinan kita akan direkomendasikan oleh mereka. Teman baru, peluang baru!

Selain urusan kerja, manusia adalah makhluk sosial. Daripada stres dan kesepian di rumah saja menganggur, mending menyibukan diri dan bergaul bukan?

Bagaimana menurut kalian? Semangat ya!

Click to comment
To Top