Self Development

Kesepian Itu Mematikan: 5 Tips Mengatasinya

5 Tips atasi kesepian

Sayaajarkan – Apapun penyebabnya, semua orang pernah merasakan kesepian. Bisa karena cinta, depresi di dalam diri, atau beban kehidupan. Apapun itu, jangan sampai perasaan kalut berlarut.

Ada banyak penyebab kesepian. Menurut penelitian, kesepian tak hanya bisa menyebabkan kita jatuh sakit, namun bisa berujung kematian.

Loneliness can make you physically sick. Studi yang dilakukan para peneliti dari Universitas Chicago, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa stres akibat kesepian bisa memicu produksi atau perubahan sel darah putih berlebihan.

Seperti dikutip dari iflscience, sel darah putih yang sebenarnya baik dan berperan melawan infeksi dan penyakit, malah menjadi berbahaya karena jumlahnya meningkat drastis.

Alih-alih kebal terhadap penyakit, orang yang kesepian akan lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit kronis. Dengan kata lain, kesepian bisa menurunkan kekebalan tubuh seseorang.

Oleh karenanya, mungkin bisa dicoba beberapa tips menghindari dan mengatasi kesepian berikut.

Melarutkan diri dalam perasaan kesepian hanya akan membuat semuanya menjadi terasa lebih buruk. Credit photo: The Truth about Cancer

Tips Atasi Kesepian

Menyapa orang lain duluan

Menyapa dan berkenalan duluan terkadang bisa terasa menakutkan. Apalagi bagi kita yang pemalu. Padahal, tak sebegitunya.

Daripada melamun, lebih baik bertegur sapa dengan orang lain. Siapa tahu cocok dan bisa lanjut mengobrol dan punya teman baru untuk berbagi, bahkan curhat.

Cari hobi

Melakukan sesuatu yang kita sukai bersama teman pastinya menyenangkan. Jadi carilah teman untuk melakukannya bareng, atau gabung ke komunitas-komunitas di kota kita. Kalau kita sibuk, rasa sepi mungkin akan hilang, dan inspirasi akan datang.

Tidak punya hobi? Semua orang pasti punya, belum tahu saja. Coba temukan sesuatu yang membuat kita senang.

Pikirkan orang lain

Seperti ungkapan lebih baik memberi daripada menerima, ada baiknya kita mulai memikirkan kesepian orang lain daripada diri kita sendiri.

Kembali ke poin pertama, menyapa dan tersenyum ke orang lain di jalan mungkin adalah langkah kecil membuat dia merasa berharga sehingga harinya akan menjadi lebih baik. Tentunya, membahagiakan orang lain akan membuat kita membuat bahagia.

Jangan menghindari keramaian

Jangan tidak datang kalau ada undangan pesta, diajak jalan, atau acara lainnya. Mungkin terdengar tidak akan menyenangkan, tapi siapa tahu sebaliknya. We’ll never know. Have fun!

Tulis buku harian

Cara old fashioned ini bisa jadi media terapi yang ampuh. Coba saja mulai menulis pengalaman atau perasaan kita. Susah, senang, sambil menjalankan poin-poin di atas tadi, dan lihat perkembangannya. Siapa tahu bakat menulis dan jadi buku sekalian bukan?

Berani mencoba? Atau punya tips lain seputar mengatasi kesepian?

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top