Self Development

Eits, Ternyata Pacaran Punya Manfaat Lho!

Manfaat dari pacaran. Credit photo: Yahoo

Sayaajarkan – Bagi sebagian orang, pacaran memang dipandang sebagai sesuatu yang negatif. Tapi tahukah kamu? Pacaran juga sebenarnya punya banyak manfaat lho.

Pacaran yang sehat bisa memberi semangat dalam berkarier dan membuat hidup lebih berwarna. Seperti dikutip dari Hello Sehat dan beberapa sumber lain, berikut adalah beberapa manfaat dari pacaran:

Efek Positif Pacaran

Mendorong menjadi pribadi yang lebih baik

Semakin dekat sebuah hubungan, semakin kita akan menyadari bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Selain akan saling menutupi kekurangan satu sama lain, pasangan yang baik akan selalu membimbing kita untuk menghentikan kebiasaan buruk dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Belajar memahami orang lain

Banyak sifat dan sikap pasangan yang akan semakin tampak ketika hubungan cinta sudah lama terjalin. Kita akan melihat bagaimana baik dan buruknya perilaku pasangan, karena setiap orang memiliki tingkat empati yang berbeda terhadap orang lain.

Ketika menjalin hubungan pacaran, kita dituntut untuk dapat memahami pasangan supaya cinta yang dibina bisa terus berjalan. Tanpa kita sadari, rasa empati di diri kita diam-diam sedang terbangun.

Mengurangi stres

Memiliki seseorang yang begitu dekat dan mengisi hidup kita akan membuat kita mampu mencurahkan keluh kesah tanpa ada rasa keterpaksaan. Sehingga ketika ada hal yang membebani pikiran, kita bisa berbagi ke pacar kita. Komunikasi yang baik bisa mengurangi stres di pundak kita.

Saling mendukung untuk menjadi pribadi yang lebih baik adalah ciri hubungan yang sehat. Credit photo: Lovelace
Saling mendukung untuk menjadi pribadi yang lebih baik adalah ciri hubungan yang sehat. Credit photo: Lovelace

Menyehatkan badan

Seorang pacar tidak ingin pasangannya sakit. Ia akan saling mengingatkan ketika jam makan, ketika waktunya tidur, bahkan traktir kita ketika kita sedang bokek. Lagi-lagi secara tidak langsung, tubuh kita akan lebih sehat karena mendapat perhatian sang kekasih.

Belajar memecahkan masalah

Dalam proses berpacaran, ada kalanya kita akan menemui keributan atau selisih pendapat. Hal ini akan mendorong otak kita berpikir supaya masalah terselesaikan dengan baik.

Jika kita bisa menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dalam hubungan asmara kita. Kita jadi akan lebih tangguh dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada di depan nanti.

Eits, tapi, pacaran juga punya batasan yang harus kita pahami. Pacaran-lah di usia yang semestinya. Jalani hubungan yang sehat dan hindari pikiran-pikiran kotor yang nantinya bisa merusak kehidupan kita.

Click to comment
To Top