Self Development

Merasa Hidup Tak berarti Lagi? Tips Keluar dari Lubang Depresi

Tips hadapi depresi

Sayaajarkan – Merasa sulit untuk tersenyum lagi? Seakan dunia tidak ada indah-indahnya dan hidup sudah tak berarti? Hati-hati, mungkin kita sedang mengalami yang namanya depresi.

Depresi bisa menimpa siapa saja tak terkecuali. Penyebabnya pun beragam. Mulai dari kehilangan pekerjaan impian seperti kena PHK, hingga kehilangan orang yang dicintai.

Yang jelas, jangan biarkan depresi berkepanjangan merenggut keceriaan kita. Apalagi sampai bunuh diri. Melakukan sesi terapi dengan psikolog bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Tapi selain berkonsultasi, kita juga bisa memilih mengatasinya sendiri.

Menurut psikiater dari UCLA, Amerika Serikat, dokter Ian Cook seperti disarikan dari Webmd, berikut cara-cara yang bisa kita lakukan untuk keluar dari lubang depresi.

Tips Hadapi Depresi

Tetap Sibuk

Seseorang yang sedang depresi memerlukan rutinitas untuk keluar dari masalah tersebut karena perasaan depresi telah menghancurkan struktur hidup kita. Jadi buatlah jadwal kegiatan rutin untuk membuat kita tetap sibuk apapun itu. Pelan-pelan saja, yang penting kita kembali on track.

Saat depresi, biasanya kita juga akan kehilangan semangat untuk melakukan pekerjaan kita sehari-hari. Hal ini hanya akan membuat masalah bertambah dan memperparah depresi. Jadi, tetap sibukan diri dan jangan lari dari tanggung jawab!

Jangan biarkan depresi terus berkembang di pikiranmu. Credit photo: Healthista
Jangan biarkan rasa cemas, sedih, dan kekecewaan terus berkembang di pikiranmu. Credit photo: Healthista


Tentukan Tujuan

Dalam posisi ini, kita mungkin akan merasa putus asa dan tidak mampu mencapai apapun. Hal ini cuma akan memperburuk keadaan kita. Supaya tidak berlarut, tentukan kembali tujuan atau goals kita. Tak perlu besar atau jauh, yang kecil-kecil saja secara bertahap. Seperti misalnya, mencuci piring kotor setiap hari. Setelah kita merasa lebih, baik, tambahkan goals lainnya.

Olahraga

Saat kita berolahraga, tubuh akan mengeluarkan endorfin. Hal ini akan membuat kita merasa lebih baik. Olahraga pun mampu menyegarkan pikiran kita. Tidak perlu yang berat-berat, jogging beberapa kali seminggu pun sudah cukup.

Makan makanan sehat

Sejumlah bukti menunjukan bahwa memakan makanan kaya asam lemak omega-3 (seperti salmon, tuna), dan asam folat (seperti bayam dan alpukat) bisa membantu meredakan depresi. Tak ada yang pasti memang dan memerlukan penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi makanan sehat tersebut. Tapi bila ingin menjalani pengobatan, pastikan berkonsultasi dahulu dengan dokter ya!

Cukup Tidur

Depresi bisa membuat kita sulit untuk tertidur. Tapi kurang tidur hanya akan memperparah derita kita. Supaya tidak terjadi, pastikan jadwal tidur dan bangun kita teratur. Coba untuk tidak tidur siang supaya bisa tidur lebih cepat di malam hari, dan bangun secara rutin esok paginya. Mematikan televisi, smartphone dan lain sebagainya juga bisa dilakukan untuk membantu kita mendapatkan tidur berkualitas.

Ingatlah selalu bahwa ada banyak orang yang menyayangi kita. Credit photo: Shutterstock
Ingatlah selalu bahwa ada banyak orang yang menyayangi kita. Credit photo: Shutterstock

Hadapi Depresi dengan Logika dan Pengalaman Baru

Patahkan Pikiran Negatif dengan Logika

Depresi membuat pikiran kita kacau. Saat pikiran-pikiran negatif muncul, coba mematahkannya dengan akal sehat kita. Misalnya saat kita merasa seakan semua orang meremehkan kita. Tanya pada diri sendiri: Apa buktinya? Berapa banyak persentasenya? Siapa yang mengatakannya?

Lakukan Hal Baru dan Bersenang-senang

Ketika kita mencoba sesuatu yang baru, terjadi perubahan kimiawi di otak. Level dopamin yang mempengaruhi kesenangan, kenikmatan serta pembelajaran akan berubah. Jadi, carilah kegiatan atau hobi baru. Cobalah bersenang-senang untuk menyingkirkan depresi.

Bagaimana? Yuk bahagia dan tersenyum lagi! Kita tidak pernah tahu apa yang menanti.

Click to comment
To Top