Self Development

Hubungan Kandas? 9 Hal ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Hubungan Kandas. Credit photo: Fearless Soul

Sayaajarkan – Menyatukan dua kepala yang berbeda bukanlah hal yang mudah, karena setiap orang memiliki keunikannya sendiri.

Jika dua orang berbagi kehidupan cinta bersama, misalnya pacar atau suami istri, akan ada faktor-faktor yang akan mempengaruhi keberlangsungan sebuah hubungan.

Seperti dikutip dari Psychology Today, berikut sembilan penyebab hubungan kandas yang umumnya terjadi:

9 Faktor Penyebab Hubungan Kandas

Kepercayaan

Periksa apakah kurangnya kepercayaan didasarkan adanya bukti atau hanya karena emosi subjektif. Pertimbangkanlah dengan jujur dan bicarakan baik-baik dengan pasangan supaya tak jadi masalah di kemudian hari.

Perilaku buruk

Perilaku buruk adalah bagian dari masa muda kita. Saat sudah beranjak dewasa, tidak sepatutnya untuk mempertahankan perilaku buruk kita, terutama jika tidak disukai pasangan. Jika kita tidak dapat melakukannya sendiri, langkah selanjutnya adalah rehabilitasi.

Kecurangan

Melanggar janji yang telah diikrarkan dalam sebuah hubungan dapat mematahkan hati pasangan kita. Itu benar-benar hal yang sulit untuk dibangun kembali, Sadari hal ini sejak awal untuk tidak terjerumus dari godaan-godaan.

Banyak hal-hal sederhana yang jadi penyebab kandasnya sebuah hubungan. Credit photo: boundless.org
Banyak hal-hal sederhana yang jadi penyebab kandasnya sebuah hubungan. Credit photo: boundless.org

Harapan yang berbeda

Tidak mudah bagi sebuah pasangan untuk mengarungi bahtera bersama-sama dalam waktu yang lama. Hubungan mungkin berbeda, terutama ketika melihat rencana hidup dan harapan yang ada di diri masing-masing.

Perbedaan dalam prioritas

Bagi sebagian orang, hubungan keluarga adalah pusat utama gravitasi kehidupan. Bagi yang lain, hubungan romantis, bahkan hubungan yang berkomitmen, hanyalah satu sisi kehidupan. Ada banyak aspek kehidupan lain yang yang bisa jadi prioritas.

Melewati kehidupan dengan kecepatan berbeda

Salah satu contohnya adalah pasangan yang maju dengan cepat dalam karier dan sosial, sementara pasangannya yang mengalami stagnasi di rumah. Sehingga terpisah secara fisik, intelektual, dan sosial.

Keuangan

Semakin lama pasangan hidup bersama dalam suatu hubungan, semakin besar kemungkinan terjadinya ketidakcocokan dalam hal keuangan. Masalah uang memasuki sebagian dari kebutuhan dan ketakutan psikologis tertentu.

Menjadi tidak mendukung

Jika kita ingin menjaga hubungan, belajarlah untuk mendukung. Jangan biarkan satu sama lain merasa tidak membantu di saat pikiran dan perasaan sedang down.

Tidak berkomunikasi

Dalam suatu hubungan, keheningan tidak pernah menjadi emas. Semakin banyak kita berbicara, semakin baik hubungan itu. Komunikasi merupakan hal terpenting dalam suatu hubungan.

Click to comment
To Top