Self Development

6 Tips Ampuh untuk Atasi Kemarahan

Tips Atasi Kemarahan. Credit photo: menshealth.com

Sayaajarkan – Kemarahan merupakan emosi umum yang penting untuk dipahami. Polanya dapat diprediksi berdasarkan suasana hati, provokasi, dan interpretasi seseorang.

Tanda-tanda orang yang sedang marah berbeda-beda, biasanya jantung berdebar, berkeringat, dada ketat, meninggikan suara, kehilangan selera humor, dan lain-lain.

Jika kita merasa sedang terjebak dalam emosi ini, mulailah pahami pola yang memicunya. Berikut tips mengatasi marah yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

6 Tips untuk Mengurangi Kemarahan di Dalam Diri

Tidur

Orang yang kurang tidur cenderung lebih gampang marah. Hal ini karena kurang tidur mengurangi aktivitas dalam lobus frontal, yang berhubungan dengan kontrol impuls. Tidur cukup adalah bagian penting dari mengelola suasana hati.

Menulis

Menulis hal-hal yang berkaitan dengan amarah biasanya dapat membantu kita untuk mengetahui dan menemukan solusi atas amarah itu. Menulis juga akan menolong kita untuk meletakkan segala sesuatu yang membebani pikiran dalam perspektif.

Ambil napas dalam-dalam

Ketika kita marah, secara fisiologis detak jantung meningkat, otot tegang, dan lain-lain. Tanggapi dengan menarik napas panjang, lambat, dan dalam. Napas dalam-dalam adalah salah satu cara terbaik untuk rileks ketika dalam momen yang menegangkan.

Sebisa mungkin, biasakan untuk tidak menyakiti diri atau merusak barang ketika sedang marah. Credit photo: Nbc news
Sebisa mungkin, biasakan untuk tidak menyakiti diri atau merusak barang ketika sedang marah. Credit photo: Nbc news

Hitung sampai 100

Yang ini sepertinya cukup mendasar, tetapi berhasil. Memikirkan sesuatu selain apa yang membuat kita marah selama 100 detik dapat membantu menurunkan emosi. Ini memberi kita kesempatan untuk mengumpulkan kesadaran diri dan pikiran.

Bergerak

Menggerakan tubuh seperti berolahraga adalah cara yang baik untuk melepaskan tenaga. Kita bisa berjalan-jalan, berlari, tinju, atau melakukan sesuatu yang berenergi.

Berbicara dengan orang lain

Berbicara dengan seseorang yang kita percayai dapat mengurangi beban pikiran kita. Hal ini bisa dilakukan dengan orang dewasa, teman, atau keluarga yang kita percaya.

Jika kemarahan menjadi semakin tidak terkendali, pertimbangkan untuk mengunjungi seorang profesional agar tidak menimbulkan hal-hal yang akan disesali di kemudian hari. Ingat, kemarahan mungkin hanya bersifat sementara. Namun jika tidak dikendalikan dengan baik, dampaknya terhadap orang di sekitar kita bisa bersifat permanen. Jadi bijaklah dalam menghadapi sesuatu.

Sumber:
– https://au.reachout.com/articles/8-ways-to-deal-with-anger
– https://www.psychologytoday.com/intl/blog/all-the-rage/201505/5-ways-deal-anger

Click to comment
To Top