Self Development

Tips Menghadapi Orang Sok Pintar

Tips hadapi orang sok pintar. Credit photo: Crosswalk.com

Sayaajarkan – Dalam pergaulan sehari-hari, baik di lingkungan pertemanan maupun lingkungan kerja, kita semua pasti akan menemui orang yang sok pintar. Mengesalkan memang.

Namun, di luar itu, kita tetap harus pandai melihat karakter dari lawan bicara supaya terjalin komunikasi yang sehat. Berikut kami ajarkan 6 cara menghadapi mereka.

Tips Komunikasi dengan Orang Sok Pintar

Sedikit perhatian

Dalam ilmu psikologi, orang yang sok pintar cenderung mencari perhatian. Berikan saja apa yang dia mau dan beri perhatian sedikit supaya tidak menimbulkan pertengkaran. Mereka kadang semakin berperangai buruk jika tidak diperhatikan.

Berpikir positif

Pikirkan saja hal positif atau menyenangkan tanpa membuang muka ketika dia berbicara. Kebijaksanaan dan kemampuan menekan emosi sangat penting ketika berkomunikasi dengan orang sok pintar walaupun isi dari pembicaraannya tidak masuk akal. Tak perlu menanggapi semua yang dia bicarakan, cukup dengarkan saja walaupun fokus kita tidak penuh ke dia.

Tidak perlu memberi pujian

Kita tidak perlu sok memberi pujian ke dia karena dapat membuatnya semakin menjadi-jadi. Kita juga tidak perlu mencelanya karena bisa menimbulkan komunikasi yang tidak sehat. Mendengarkan dia berbicara dan menanggapi secukupnya sudah menyenangkan hatinya dan membuatnya tidak akan melakukannya lebih lama.

Jangan terpengaruh oleh perkataannya

Jangan mudah terpengaruh oleh apa yang dia katakan. Ketika terpengaruh dengan apa yang dibicarakan tanpa benar-benar mengetahui kebenarannya, ini justru membuat kita tidak kalah sok tahunya dengan mereka. Lebih baik kita pastikan kembali isi dari pembicaraannya.

Meski tidak setuju, hindari konflik dengan menyanggahnya secara keras. Credit photo: Pixabay
Meski tidak setuju, hindari konflik dengan menyanggahnya secara keras. Credit photo: Pixabay

Jika Ingin Menyanggah

Menanggapi dengan tepat

Jika ingin menyanggah, buatlah nada bicara kita tidak terlalu tinggi dan sampaikan fakta sebenarnya jika yang dia katakan salah. Jika kita memang mengetahuinya, sampaikan saja dengan penjabaran dan sumber yang tepat.

Memiliki sumber dapat meyakinkan dia sehingga tidak ada sanggahan darinya. Namun bila kita tidak yakin dengan fakta yang kita punya, tidak ada salahnya menahan diri dan tetap mendengarkan.

Menegur dengan perlahan

Cara yang terakhir ini boleh dilakukan atau tidak. Pada dasarnya orang yang sok pintar tidak mudah menerima teguran, namun teguran itu juga kadang perlu disampaikan.

Jika hal ini dilakukan terus-menerus dengan perlahan, mungkin dia akan menyadari sifat sok pintarnya itu. Tetapi jika kita orang yang mudah marah atau terpancing emosi, sebaiknya hindari untuk menegurnya.

Sumber:
– https://www.5cog.com/2015/12/8-ciri-orang-yang-sok-pintar-dan-cara-menghadapinya.html
– https://www.yukepo.com/hiburan/life/7-cara-cerdik-saat-berhadapan-dengan-orang-sok-tahu?utm_source=dable
– https://www.merdeka.com/gaya/7-tips-menghadapi-teman-yang-sok-tahu.html

Click to comment
To Top