Self Development

Yuk, Kenali Diri dengan Tes Kepribadian!

Tes Kepribadian. Credit photo: Pexels

Sayaajarkan – Tes Kepribadian adalah tes yang digunakan untuk menebak sifat-sifat dan karakter seseorang, serta bagaimana seseorang bisa mengambil pilihan hidup. Seperti dikutip dari Tips Pintar, berikut ini kami akan memberikan salah satu contoh tes kepribadian yang bisa kita ikuti.

Mulailah dengan menjawab 7 pertanyaan di bawah ini. Setiap pertanyaan memiliki 4 pilihan jawaban, dan setiap jawaban memiliki poin masing-masing. Jumlahkan poin yang kita dapat dari setiap pertanyaan di akhir pertanyaan. Perhatikan ya bobot poin yang ada di dalam kurung setiap akhir jawaban. Selamat mencoba.

Iseng-iseng Mengenal diri sendiri dengan Tes Kepribadian

Bulan lahir?

Januari-Februari-Maret (40 poin)
April-Mei-Juni (30 poin)
Juli-Agustus-September (20 poin)
Oktober-November-Desember (10 poin)

Tanggal lahir?

antara tanggal 1 sampai 8 (10 poin)
antara tanggal 9 sampai 17 (40 poin)
antara tanggal 18 sampai 25 (30 poin)
antara tanggal 26 sampai 31 (20 poin)

Jam lahir?

12 malam hingga 7 pagi (40 poin)
7 pagi hingga 2 siang (20 poin)
2 siang hingga 9 malam (10 poin)
9 malam hingga 12 malam (30 poin)

Pilihlah musim yang disukai!

musim panas (20 poin)
musim semi (30 poin)
musim dingin (40 poin)
musim kemarau (10 poin)

Pilihlah satu sifat berikut yang paling menonjol

perhatian (40 poin)
kreatif (20 poin)
periang (30 poin)
disiplin (10 poin)

Pilihlah 2 warna berikut ini yang paling disuka!

kuning dan orange (10 poin)
hijau dan biru (20 poin)
pink dan merah (30 poin)
hitam dan putih (40 poin)

Pilihlah hewan berikut yang paling disuka!

rubah (10 poin)
serigala (40 poin)
lumba-lumba (20 poin)
rusa (30 poin)

Setelah selesai menjawab 7 pertanyaan di atas, jumlahkan semua poin yang kita dapat. Dari total poin itu kita dapat tahu kepribadian kita dengan mencocokkan pada keterangan di bawah ini.

Dengan semakin mengenali dan bersahabat dengan diri sendiri. Kita pun akan semakin tahu apa yang terbaik untuk kita. Credit photo: Today Show
Dengan semakin mengenali dan bersahabat dengan diri sendiri. Kita pun akan semakin tahu apa yang terbaik untuk kita. Credit photo: Today Show

Hasil Tes: 70-150

Total poin 70-110

“Suasana hati kamu mudah berubah-ubah sehingga membuat orang di sekeliling kamu tidak nyaman. Kamu juga pribadi yang cukup gampang marah. Kamu orang yang berpendirian teguh dan ambisi untuk mencapai tujuan serta mimpi kamu. Karena kamu orang yang pekerja keras, maka kamu akan dapat mencapai kesuksesan. Berteman adalah hal yang penting untukmu. Kamu adalah pribadi yang setia kawan. Kamu harus mengontrol sifat negatif kamu yang mudah tersakiti, iri, dan marah.”

Total poin 120-150

“Orang di sekitarmu mungkin sudah tahu jika kamu seorang yang labil. Suasana hati kamu bisa berubah dengan cepat menjadi lebih baik bahkan lebih buruk. Kamu orang yang ramah dan mudah bergaul. Kamu juga seseorang yang optimis dan tegas. Kamu memiliki kemampuan untuk menularkan kemampuan antusiasme kepada orang lain secara terus menerus. Kamu menyukai kegiatan di luar ruangan dan berolahrga. Kamu adalah pribadi yang sensitif sehingga bisa memicu perilaku sarkastik bahkan sinis, tapi kamu sangat peduli dengan orang yang kamu cintai. Kamu bukanlah orang yang mudah percaya jika mendapatkan informasi. Untuk karier kamu memiliki potensi besar dan dapat mencapai hasil luar biasa di berbagai bidang. Kamu mungkin mengalami depresi jika kamu gagal dalam suatu hal. Sebaiknya kamu jangan terlalu memaksakan diri jika ingin sukses.”

Hasil Tes: 160-280

Total poin 160-210

“Kamu adalah orang yag sangat optimis dan tidak mudah galau. Kamu suka mendapatkan pengalaman baru dan aktif. Kamu orang yang ambisius dan karismatik. Karakter kepemimpinan kamu sangat bagus namun kadang kamu bisa sedikit keras kepala dan suka memerintah. Kamu itu pribadi yang kreatif dan cerdas. Kamu memiliki tekad yang tinggi untuk mencapai tujuan. Kamu tergolong orang yang sangat ramah karena itu kamu dikelilingi oleh teman-teman. Penting buat kamu untuk meluangkan waktu menyendiri dan berlibur.”

Total poin 220-280

“Kamu memiliki kepribadian yang sabar dan tenang. Kamu cenderung tidak mudah emosi dan tidak mudah sakit hati. Kamu sedikit introvert dan pemalu. Kamu lebih suka untuk tinggal di rumah dan menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat. Mimpi kamu adalah menemukan pasangan yang tepat dan hidup bahagia selamanya. Kamu tidak melihat kelemahan dan kekurangan orang lain dan suka berpikir dua kali sebelum membeli barang murah atau mahal. Kamu juga cenderung irit dan tidak suka membuang-buang uang”.

Click to comment
To Top