Style

Tips Memilih Parfum yang Tepat untuk Cowok

Parfum. Credit Photo: www.highsnobiety.com

Sayaajarkan – Seberapa penting parfum buat cowok? Well, yang jelas, sebuah parfum bisa bicara mengenai diri kamu tanpa menambah atribut visual pada penampilan.

Mengenakan parfum juga bakal membuat kamu terkesan berbeda dari yang lain. Sebagai pria yang selalu wangi, apalagi ditunjang pakaian yang baik dan cocok dengan proporsi tubuh, kamu bakal meninggalkan kesan yang baik entah di tempat kerja, di acara format atau bahkan di tempat umum sekalipun.

Tapi bagaimana memilih parfum yang cocok buat kamu, para kaum Adam? Sini saya ajarkan:

Tips memilih parfum untuk cowok

Parfum yang kamu pakai akan mewakili diri kamu, jadi jangan asal pilih ya. Credit Photo: ideohive.net

Sebelum Beli

Sebelum memilih, kamu harus tahu bahwa setiap parfum atau cologne akan memiliki aroma yang berbeda di tiap orang. Apa yang tercium enak dan wangi di teman kamu atau orang lain belum tentu berlaku buat kamu. Setiap orang punya aroma badan natural yang berbeda. Jadi, pastikan kamu ngggak ikut-ikutan tren kalau soal ini.

Perlu kamu tahu juga, semua yang kamu gunakan di kamar mandi seperti sabun, sampo, moisturizer atau lain sebagainya punya aroma masing-masing. Beberapa jenis merek tertentu malah punya aroma kuat yang akhirnya malah “berperang” atau “tabrakan” dengan parfum kamu.

Hal tersebut harus kamu pertimbangkan. Misalnya begini, kalau produk mandi kamu punya aroma citrus yang kuat, pastikan aroma yang akan kamu beli tidak akan merusak aroma citrus tersebut, tapi masih bisa bercampur dengan baik.

Tips memilih parfum untuk cowok

Jangan langsung cium saat disemprotkan. Tunggu beberapa detik hingga wangi aslinya keluar. Credit Photo: fashionbeans.com

Saat Beli

Salah satu cara memilih parfum yang tepat adalah dengan mengajak teman wanita untuk melakukan tes bau. Dengan begitu, kamu punya gambaran aroma yang menarik bagi lawan jenismu.

Pastikan juga teman wanita kamu punya selera wewangian yang bagus. Cirinya, dia sendiri tak pernah pergi meninggalkan rumah tanpa tercium wangi. Pendek kata, dia selalu wangi dan kamu suka wanginya!

Kalau kamu kebetulan pergi sendirian, sering terjadi di counter-counter di department store, pramuniaganya akan menyemprot kamu dengan parfum. Jangan mau. Minta ia menyemprotkannya di kartu atau kertas fragrance card (mereka pasti punya, kok).

Tips memilih parfum untuk cowok

Jangan terburu-buru saat membeli. Pastikan wanginya benar-benar cocok. Credit Photo: hswstatic.com

Selama proses “penciuman” keluarlah beberapa saat dari counter. Karena setelah mencium begitu banyak aroma, indera penciumanmu jadi tidak seakurat beberapa fragrance card pertama. Setelah menemukan wangi yang cocok, beli deh. **

Sumber: Christoper Kho dan Meishyell Loembie, The Fashion Bible for Men, Kepustakaan Populer Indonesia, Jakarta, 2013.

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top