Technology

Struktur Permalink Terbaik Untuk SEO

permalink SEO

Sayaajarkan – Saat menentukan aspek penting SEO dalam sebuah situs, permalink memiliki peran penting dalam optimisasi keseluruhan. Permalink adalah sebuah link dari page dan post, dan tidak akan berubah oleh waktu. Secara default, WordPress akan memberikan permalinks seperti ini:

http://www.sayaajarkan.com/?p=123

Permalink tipe ini tidak search engine friendly, sehingga kebanyakan dari blogger pemula yang menggunakan WordPress gagal untuk membuat situs yang memiliki WordPress permalinks yang dapat dioptimalkan untuk SEO karena mereka menggunakan default permalinks.

Dalam info ini, kita akan diajarkan struktur permalink terbaik dan kita akan melihat juga ke beberapa struktur permalink yang disarankan WordPress dan mengapa kita harus menghindarinya.

permalink SEO

Struktur permalink yang direkomendasikan untuk mengoptimalkan SEO

Salah satu faktor dari SEO adalah memiliki kata kunci dalam URL post (permalink). Seperti yang telah diinfokan, default permalink yang diberikan oleh WordPress tidak SEO-friendly, sehingga saat kita meng-install WordPress untuk pertama kalinya dan memulai blogging tanpa merubah aturan awal, kita memblog dengan struktur permalink yang tidak SEO-friendly. 

Permalink adalah salah satu hal yang harus kita ubah saat men-set blog kita untuk pertama kali. Pastikan struktur permalink yang dipilih adalah “Custom Structure”.

Kita dapat menemukan beberapa aturan permalink dalam Dashboard WordPress. Beberapa struktur permalink yang disarankan adalah:

  • Domain.com/Category/Post-name
  • Domain.com/Postname (/%postname%/)
  • Domain.com/postname/numeric-ID
  • Domain.com/%category%/%year%/%monthnum%/%day%/%postname%-9%hour%%minute%/

Struktur permalink favorit untuk blog WordPress adalah Post Name. Post name permalinks itu singkat, apik dan tidak memiliki tambahan yang dapat berpengaruh terhadap skor on-page SEO .

Banyak blogger merekomendasikan untuk menggunakan Category dalam permalink, namun gunakan ini jika nama category yang digunakan itu singkat dan berarti, dan kita tidak menggunakan beberapa categories/posts. Tergantung dari aturan indexing yang dibuat, struktur Category permalink dapat menuntun pada duplikasi konten dalam blog WordPress kita.

 

Mulai sekarang, setiap kali kita melakukan pengaturan blog dalam WordPress, pastikan menggunakan struktur permalink yang SEO-friendly daripada permalink random yang tersedia.

Jika memiliki pertanyaan mengenai permalink WordPress, kasih komen di bawah.

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top