Apps

Password Wifi Milik Tetangga Bisa Ketahuan, Begini Caranya!

password wifi

Sayaajarkan – Pertama-tama, keep in mind bahwa tutorial ini bukan dimaksudkan supaya kita bisa jadi hacker tak bertanggung jawab lalu seenaknya menggunakan internet secara gratis alias mencuri akses internet dengan mengetahui password Wifi milik tetangga. Melainkan, untuk mengetahui seberapa amankah akses internet di rumah kita sendiri. Intinya, kita harus tahu bahwa ada kemungkinan wifi milik kita selama ini digunakan tanpa izin oleh orang lain.

Bagaimana cara mereka mengetahui password wifi kita? Sini saya ajarkan.

Oh ya, kita hanya akan membahas cara mengetahui password wifi dimana router wifi yang hendak kita bobol masih default alias asli atau standar (umumnya pengguna baru internet rumahan).

Okay, mari kita mulai…Hanya diperlukan dua langkah.

1. Download Apps WPS Connect

Yang dibutuhkan sederhana, hanya HP Android dan sebuah aplikasi bernama WPS Connect yang bisa dengan mudah didownload di Play Store. WPS Connect adalah sebuah aplikasi untuk mengecek keamanan jaringan dengan cara membobol mengunakan metode bruceforce attack.

Apa itu bruceforce attack? Well, intinya dia akan mencoba berulang-ulang menebak password menggunakan kumpulan kosakata di kamus miliknya. Semakin sederhana sebuah password, maka semakin mudah untuk dibobol. Jadi, kalau WPS Connect tak berhasil membobol wifi, berarti jaringan tersebut relatif sudah aman.

Buka WPS Connect, lalu scan jaringan wifi di sekitar dengan memencet tombol refresh di pojok kanan atas. Daftar wifi akan muncul. Pilih salah satu yang hendak kamu bobol, tekan “try”. Hanya yang berwarna hijau yang mampu dicoba untuk dibobol. Pastikan juga sinyal wifi dekat/kuat, karena kalau terlalu jauh kemungkinan besar akan gagal.

Bila berhasil, tak lama kemudian HP Android kita akan langsung terhubung dengan wifi tersebut meski kita sama sekali tak mengetahui passwordnya. Kita pun sudah bisa browsing.

2. Buka browser HP

Kita sudah bisa menggunakan akses wifi milik tetangga via HP. Tapi, cara no.1 tadi hanya menghubungkan HP, tanpa kita mengetahui passwordnya. Jadi kita belum bisa menggunakan wifi via laptop atau komputer.

Nah, untuk mengetahui password, caranya lebih mudah lagi. Buka browser HP lalu ketik 192.168.254. Deretan angka tersebut adalah alamat IP router wifi yang terhubung dengan HP kita.

Setelah kita mengetikan alamat di atas, maka browser akan meminta username dan password. Bila settingnya masih default maka username dan passwordnya adalah sama-sama “admin” atau “administrator”.

Bila sudah berhasil masuk, maka selanjutya tinggal klik “Interface Setup” lalu “Wireless”. Nah di bagian “WPS Setting” lihatlah apa tertulis di isian “SSID”. Itulah password wifinya yang bisa digunakan untuk online via laptop, komputer atau gadget apapun.

password wifi

Gila.. Kok gampang banget sih? Seram kan? Nah, setelah ini cobalah minta teknisi IT dari ISP pilihan kita untuk lebih mengamankan lagi setting wifi di rumah. Meski mungkin akses internet kita unlimited, kan menyebalkan kalau sampai dipakai orang lain secara tak bertanggung jawab hingga lemot.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top