Technology

Website Ramai Pengunjung Secara Gratis!

website ramai

Sayaajarkan – Website yang berhasil adalah website ramai pengunjung. Semakin besar jumlah pageviews dan traffic yang mengalir maka semakin sukses website tersebut.

Bagaimana mewujudkannya? Tentu website harus dipromosikan atau diiklankan. Banyak sekali cara berbayar untuk melakukannya antara lain menggunakan Google Adwords.

Tapi bagaimana kalau kita masih pemula dengan dana yang terbatas? Tak masalah, uang bukan halangan.

Sini saya ajarkan cara sederhana agar website kita laris manis tanpa mengeluarkan uang untuk beriklan alias gratis!

1. Perhatikan SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) adalah kaidah atau cara mengoptimalkan konten website kita supaya muncul di mesin pencari seperti Google. Bukan rahasia lagi kalau di era digital ini kebanyakan orang mencari informasi apapun terlebih dahulu dengan menggunakan Google. Jadi kalau website kita bisa muncul teratas dalam hasil pencarian, otomatis potensi dikunjungi akan semakin besar dan website ramai pengunjung.

Nah, mesin pencari bukanlah manusia. Dalam menentukan “kualitas” konten, atau mana yang muncul teratas atau terbawah dia menggunakan rumus sendiri atau algoritma yang telah disusun. Jadi, mau tak mau kita pun harus sedikit menyesuaikan konten supaya search engine friendly bila ingin mendapatkan pengunjung dari sana. Bagaimana caranya?

SEO meliputi banyak sisi. Mulai dari SEO untuk konten hingga yang rumit seperti desain website kita. Yang paling mendasar dan wajib tentu adalah konten, seperti artikel yang sedang kita baca ini.

Sebenarnya tidak ada rumus mutlak. Namun, yang paling umum adalah artikel yang kita tulis harus mengandung keywords atau kata kunci yang cukup.

Contohnya dalam artikel ini dimana kita sedang membahas topik “promosi website gratis supaya ramai” maka kata kunci yang diincar kira-kira adalah semua yang berkaitan seperti “gratis“, “website“, “promosi“, “pageviews“, dan “traffic“. Tentukan mana kata kunci yang paling utama dan pastikan ada di dalam judul (yang ini yang terpenting harus menarik), paragraf pertama, pertengahan dan akhir.

Ini tidak kaku tentunya, berimprovisasilah supaya artikel tetap enak dibaca oleh manusia.

2. Share atau Mention Akun Orang Terkenal di Media Sosial

Mungkin sudah wajib hukumnya setiap website memilki akun media sosial seperti Facebok, Twitter dan Instagram. Fungsinya tentu saja agar bisa membagikan konten yang dihasilkan kepada kepada para followers.

Selain membagikan kepada followers, bila sebuah artikel berkaitan dengan seorang public figure atau artis, maka mention-lah mereka. Siapa tahu, mereka suka lalu membagikannya ulang kepada fans atau followers yang banyak itu dan kita bisa kecipratan pembaca.

3. Berbagi Konten/Menulis Artikel Untuk Website Lain

Sebagai website atau blog kecil kita harus memanfaatkan website yang lebih besar dari kita. Mencobalah bergabung atau men-submit artikel kita supaya ditayangkan di media online besar. Contohnya melalui Citizen 6 di Liputan6.com atau yang lainnya yang menyediakan wadah tersebut. Tentu dengan memberikan link supaya kita bisa kebagian pageiews seperti poin nomor 2 di atas.

4. Content is king

Ya, konten adalah raja. Inti dari sebuah website adalah sisinya. Website hanyalah wadah. Mau sebagus apapun desain website, tekni SEO kalau isinya “sampah” ya orang akan muak dan lama-lama pengunjung akan lari. Jadi meski artikel sudah di bumbui dengan teknik SEO, jangan sampai malah menjadi penuh dengan keywords. Jatuhnya malah spam keywords, sama sekali tak enak dibaca. Ingat, yang membaca bukan Google, tapi manusia.

Ibaratnya sebuah koran, yang kita beli bukan kertasnya, melainkan informasi di dalamnya. Jadi, teruslah menulis atau memberikan konten yang bermanfaat dan informatif.

5. Konsisten

Tak ada yang instan, semua perlu proses. Lakukanlah dengan rutin dan pantang menyerah. Usaha tentu tak akan menghianati hasil.

Well, semoga kita semua berhasil dalam mendapatkan pageviews dan traffic sebanyak-banyaknya ke website kita. Tak perlu mengeluarkan uang untuk beriklan bukan? Good luck!

Tentu masih banyak kemungkinan cara-cara gratis lainnya yang patut dicoba untuk website ramai pengunjung. Beri tahu kami lewat komentar di bawah ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top