Technology

Laptop: 6 Alasan Pilih SSD Ketimbang HDD

Laptop: Antara HDD dan SSD. Credit Photo: thetechnews.com

Sayaajarkan – Kita telah lama mengenal hard disk drives (HDD) sebagai storage baik itu di desktop PC maupun laptop. Tapi belakangan, solid-tate drives (SSD) mulai populer diperkenalkan oleh produsen komputer.

Bila saat ini kita berpikir untuk membeli komputer atau laptop baru, ada baiknya memilih yang menggunakan SSD di dalamnya.

Kenapa? Seperti dilansir PC Mag, ada banyak keunggulannya menggunakan SSD:

Laptop: Antara HDD dan SSD

Ada banyak keunggulan SSD yang perlu kamu tahu. Credit Photo: Infolab.hr

Lebih Cepat

SSD menggunakan flash memory, jadi kecepatannya tidak diragukan lagi. SSD lebih cepat dari HDD soal menyimpan dan mengakses data.

Kalau HDD memerlukan waktu beberapa menit untuk bootup, SSD mungkin hanya semenit. Membuka program, file-file, dan transfer data juga lebih cepat.

Tidak Perlu Defragment

Mungkin kita malas harus men-defragmen komputer kita setiap beberapa saat bila kinerjanya mulai melambat. Dengan SSD, ucapkan selamat tinggal pada aktivitas super membosankan tersebut. Hemat waktu kan?

Tidak Berisik

HDD terdiri dari komponen-komponen bergerak. HDD paling hgh-end pun ada kalanya mengeluarkan suara berisik meski cuma semenit. Sedangkan SSD sebaliknya, non-mechanical. Bekerja jadi lebih nyaman kan?

Kuat

Karena tidak memiliki komponen-komponen bergerak, SSD jadi lebih kebal terhadap guncangan. Sedangkan HDD lebih rentan. Tidak perlu terlalu khawatir saat tersenggol, deh!

Hemat Baterai

Karena non-mechanical, tak ada yang perlu bergerak, pastinya membutuhkan power lebih sedikit. Otomatis untuk yang menggunakan laptop, baterainya jadi lebih lama bertahan.

Meski SSD memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan HDD, bukan rahasia lagi kalau harganya lebih mahal dari HDD. Jadi kemungkinannya akan sedikit susah menemukan laptop ber-SSD dengan harga murah.

Laptop: Antara HDD dan SSD.

Eitttss… Tunggu dulu, pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Credit Photo: Gobytrucknews.com

Jadi bagaimana dong?

Well, bila memiliki budget terbatas sedangkan kita memerlukan storage besar untuk menyimpan berbagai hal, mungkin lupakan SSD untuk sejenak dan bertahan dengan HDD. Apalagi bagi kita yang berprofesi sebagai video editor, graphic designer yang butuh menyimpan file berukuran besar.

Sedangkan buat kita yang mungkin sering mobile dan membutuhkan laptop yang ringan, cepat, kuat, dan tidak berisik, SSD merupakan pilihan yang tepat. Begitu juga buat kamu yang hanya memakainya untuk akses internet saja.

Jadi pilih mana, HDD atau SSD? Mana yang menurutmu lebih baik? Beri tahu pendapatmu di kolom komentar, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top