Technology

Smartphone: Tips Akali HP Android Lemot

Tips atasi smartphone lemot. Credit Phone: www.theregister.co.uk

Sayaajarkan – Punya HP Android lemot pastinya menyebalkan. Smartphone kok lamban? Slowphone dong itu?

Inginnya sih beli smartphone baru dengan spek lebih tinggi. Tapi belum ada dananya, bagaimana dong?

Well selain bisa coba cari Handphone bekas murah berkualitas, sini saya ajarkan beberapa tips yang mungkin bisa mempercepat kinerja HP Android kita. Selamat mencoba!

Kurangi Isi

Smartphone atau HP Android kita larinya akan lebih kencang bila memorinya tidak kepenuhan. Maka cara pertama adalah mengurangi isi HP.

Uninstall aplikasi atau game android yang jarang kita pakai, serta kurangi/pindahkan berbagai file seperti foto dan MP3 ke tempat lain seperti MMC card cadangan.

Tutup Aplikasi Berjalan

Kerennya Android adalah kita bisa meninggalkan aplikasi tetap running agar sewaktu-waktu siap digunakan kembali. Tapi di sisi lain hal itu akan membuat beban kerja HP kita berlebih.

Tutup running applications yang sedang tidak sangat kita butuhkan supaya performa HP kencang kembali.

Tips atasi android lemot.

Semarah apapun kamu gara-gara hp lemot, jangan sampai dibanting, yang ada makin rusak. Credit Photo: Tekrevue.com

Bersihkan Cache

File cache adalah memori sementara, tugasnya berasumsi kalau dia akan kita akses lagi sehingga loading akan lebih cepat. Namun bila tidak terpakai justru akan membuat memori penuh dan HP melambat. Hapus saja.

Restart/Reboot HP

Ini adalah cara termudah. Merestart bertujuan untuk membersihkan cache dan sistem supaya segar kembali dan semoga bisa mempercepat kinerjanya.

Gunakan aplikasi tambahan

Selain beberapa cara di atas kita juga bisa menggunakan aplikasi pem-boost Android. Tapi pastikan download dari sumber yang terpercaya, ya, jangan asal unduh!

Tips atasi android lemot.

Hindari memakai aplikasi terlalu banyak dan menyimpan data berlebih supaya HP Android kamu gak lemot lagi. Credit Photo: Lifehack.org

Factory Reset

Jika semua cara yang dibeberkan tidak berhasil, cobalah cara ini. Factory reset berarti menyetel ulang ke setelan pabrik sehingga HP akan kembali seperti saat kita baru membelinya dari toko.

Tahu cara mempercepat HP lemot lainnya yang wajib masuk daftar Saya Ajarkan? Beritahu kami di kolom komentar, ya!

Disclaimer: Pahami spesifkasi HP kita. Tips di atas berguna bila penggunaan sesuai dengan spesifikasi. Jangan paksakan HP berspesifikasi rendah (RAM 1 GB misalnya) untuk penggunaan berat seperti bermain game dan membuka office.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top