Technology

Komputer Windows Lamban? 9 Cara Mengatasinya

Komputer lamban. Credit Photo: betanews.com

Sayaajarkan – Siapa sih yang tidak jengkel harus bekerja dengan Komputer atau PC Windows yang lambat? Belum lagi kalau akses internet jadi ikutan lemot.

Waduh, selain bisa hilang kesabaran, pekerjaan juga bisa berakhir berantakan. Jangan sampai itu terjadi deh.

Sebelum memutuskan untuk membeli perangkat baru, ada baiknya kita mencoba mengatasi masalah. Mari saya ajarkan cara supaya komputer kita cepat lagi.

Uninstall program yang tidak terpakai

Kadang kita tidak sadar kalau sebenarnya banyak software tidak terpakai di laptop kita. Belum lagi program-program yang tetap berjalan meski kita tidak membukanya.

Buka bagian Programs dan Features pada Control Panel. Lihat daftar software yang terinstall di sana. Bila tidak terpakai mending buang saja.

Contohnya kalau kita sehari-hari menggunakan Chrome untuk browsing di dunia maya, untuk menghemat storage unistall saja software lain seperti Firefox atau Opera.

Komputer lamban.

Hati-hati ya, jangan sampai software wajib seperti driver-driver penting dan lain-lain justru terhapus. Bisa kacau nanti. Credit Photo: knackforge.com

Delete temporary files

Temporary files dihasilkan melalui komputasi sehari-hari kita saat menggunakan komputer. Bila ini menumpuk, hasilnya komputer akan melambat.

Jadi hapus saja, termasuk history dan cookies pada browser internet bila sudah tidak dibutuhkan lagi.

Caranya, buka My Computer dan pilih local drive (biasanya C:\). PIlih folder Windows lalu buka Temp. Klik kanan, pada pilihan View, pilih Details. Pilih semua file lama, tekan tombol delete. Sehabis itu buka Recycle Bin dan kosongkan isinya. Mudah bukan?

Ganti HDD dengan SSD

Hari ini bisa dibilang kalau hard disk drives (HDD) sudah agak ketinggalan zaman. Bila memungkinkan, ganti atau beralihlah menggunakan solid state drives yang terkenal lebih cepat, ringan, dan lebih tahan kerusakan.

Tambah kapasitas storage

Komputer terlalu penuh bisa jadi menyebabkan kinerjanya lamban. Kalau kita termasuk tipe yang suka menyimpan file-file besar seperti video di dalam laptop, maka menambah ruang penyimpanan mutlak dilakukan. Bisa HDD atau SSD, yang penting harus tersisi ruang kosong yang cukup banyak. Sekian GB sudah tidak relevan, setidaknya gunakan ukuran 1 TB.

Singkirkan start up program yang tidak perlu

Saat kita menyalakan laptop, ada sejumlah program yang otomatis langsung terbuka. Hal ini bisa memakan memori dan waktu. Mengesalkan donng apalagi kalau kita sedang terburu-buru.

Cara menghentikan program-program itu supaya tidak langsung berjalan kecuali kalau kita membukanya adalah, klik Start lalu Run. Ketik msconfig, tekan enter. Tab Startup kemudian akan muncul dan kita bisa melihat daftar program tercentang, itulah “biang masalahnya.” Hilangkan centang pada mana saja yang kita tidak inginkan. Tapi sebaiknya, biarkan prgram seperti antivirus berjalan demi keamanan.

Komputer lamban.

Besar kecilnya RAM bssa mempengaruhi kinerja Pc dan laptop kamu. Credit Photo: techviral.net

Tambah RAM

Semakin banyak program yang kita pakai, semakin besar RAM yang kita butuhkan. Komputer pasti akan terasa lamban bila beban kerja terlalu tinggi sementara besaran RAM tidak mumpuni.

RAM 4 GB umum nya cukup bagi orang kebanyakan. Pada komputer desktop, kita mungkin bisa tinggal menambahkan RAM pada slot yang tersedia, sementara pada laptop tidak semuanya bisa.

Disk defragment

Bayangkan HDD sebagai rak yang penuh dengan buku dan kita sebagai orang yang gemar membaca. Karena malas, kita sering tidak mengembalikan buku dengan rapih dan pada tempatnya. Akibatnya yang seharusnya kita mudah untuk mencari buku itu, jadi sulit dan makan waktu saking berantakannya. Nah, defragment berfungsi merapikan rak buku tersebut supaya mudah mencari buku yang hendak kita baca.

Buka My Computer, klik kanan pada hard drive yang hendak kita rapikan, pilih Properties. Di bawah tab Tools ada pilihan untuk “Defragment now.”

Disk cleanup

Windows memiliki fitur bulit-in bernama Disk Cleanup. Fungsinya untuk mencari file-file besar yang tidak digunakan seperti temporary internet files, program installers, dan lain-lain. Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup.

Komputer lamban.

Jaga komputer kamu tetap bersih supaya mesinnya tidak mudah panas. Credit Photo: pbtech.co.nz

Bersihkan debu

Jangan anggap enteng debu. Meski mungkin sedikit dan tidak terlihat, menumpuknya debu pada komponen komputer, apalagi laptop bisa membuatnya kepanasan. Overheating pun akhirnya melambankan komputer kita. Jangan sampai lupa membersihkannya, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top