Technology

Cara Mudah Buka Blokir Situs Internet

blokir situs

Sayaajarkan – Meski tujuannya baik, penyensoran internet oleh pemerintah Indonesia kadang mengesalkan. Saat pemerintah blokir situs berbau pornografi sih tak jadi soal ya, malah harus didukung. Tapi kadang situs-situs yang bermanfaat positif itu lho entah kenapa ikut terkena imbas.

Bisa karena kebijakan kurang pas, akibat kesalahan segelintir semua kena getahnya, atau murni kesalahan teknis, mesin sensor yang salah sasaran akibat filter terhadap keywords tertentu.

Entah lah. Padahal mungkin kita membutuhkan situs tadi karena pekerjaan, tugas kuliah, dan lain sebagainya.

Tapi sudah jadi rahasia umum jika ada situs-situs yang diblokir dan tidak dapat diakses internet, selalu ada cara untuk menembusnya. Yang termudah, saat ini mungkin dengan menggunakan Touch VPN.

Apa itu?

Sebelum kita melanjutkan, SayaAjarkan.com harus mengingatkan bahwa resiko jadi tanggung jawab masing-masing. Gunakan hanya saat terpaksa dan untuk keperluan positif!

Touch VPN Sebagai Aplikasi Buka Blokir Situs Internet

Touch VPN adalah aplikasi yang memanfaatkan teknologi Virtual Private Network (VPN) atau jaringan virtual pribadi untuk mengakses internet. Jadi intinya, komputer kita tidak secara langsung mengakses situs tertentu. Melainkan jaringan tadi yang berada di luar negeri, terlebih dahulu yang melakukannya untuk kemudian kita akses di komputer.

Menariknya dengan Touch VPN, yaitu penggunaannya yang kelewat mudah. Tak perlu ribet setting ini-itu, produk keluaran Northghost ini selain gratis, tinggal install dan klik!

Bagaimana mendapatkan dan cara menggunakannya? Kita bisa menggunakan Touch VPN baik melalui komputer/laptop maupun di HP Android.

blokir situs

Aplikasi TouchVPN yang dapat membuka situs yang terblokir

Untuk komputer begini caranya:

  1. Menggunakan browser Google Chrome, buka Chrome Web Store dan cari “Touch VPN” pada kolom search.
  2. Setelah ketemu, tinggal klik “add to chrome” atau “tambahkan ke chrome” di kanan atas. Cari Touch VPN lewat Google atau klik link ini bila bingung. https://chrome.google.com/webstore/detail/touch-vpn/bihmplhobchoageeokmgbdihknkjbknd?hl=id
  3. Tutup dan buka kembali browser Chrome (restart) lalu klik icon Touch VPN di pojok kanan atas pada browser. Pilih salah satu dari daftar negara atau “best choice” supaya dipilihkan otomatis.
  4. Negara yang terpilih seakan menjadi lokasi tempat kita mengakses internet. Icon akan berubah hijau dan kita sudah siap mengakses internet tanpa blokir.

Sedangkan untuk HP Android:

  1. Buka Play Store pada HP Android. Cari Touch VPN dan  klik “install”.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasi tadi, aktifkan lalu biarkan saja. Buka browser HP lalu jelajahi internet tanpa blokir.
  3. Pada Touch VPN versi mobile, terdapat aplikasi pengompres data dan screen saver yang kerap muncul yang bisa  terasa mengganggu. Abaikan saja bila tidak membutuhkannya.

Bagaimana? Membuka Blokir situs internet yang lewat komputer atau HP mudahkan? Jika kalian memiliki cara lain yang lebih mudah, comment di bawah ya.

Sekarang kita bisa internetan dengan bebas. Namun, ingat pesan kami tadi ya, yuk berinternet yang sehat dan aman!

Click to comment
To Top