Technology

Sinyal Wifi Lemah? Perkuat dengan Kaleng Bekas

Perkuat sinyal wifi dengan kaleng bekas.

Sayaajarkan – Siapa yang tidak kesal kalau sinyal wifi di rumah lemah dan tidak stabil? Mau online lewat laptop di dapur sambil ngopi misalnya, eh internet-nya sudah putus-putus bahkan hilang karena routernya yang kejauhan di ruang tamu.

Browsing tips dan tutorial di internet supaya wifi lebih kencang, dikasih tahu suruh ganti router dengan daya jangkau lebih kuat dan alat-alat tambahan yang mahal. Padahal keuangan lagi terbatas, Waduh!

Tapi jangan khawatir, kami paham benar bagaimana rasanya. Sini saya ajarkan cara mudah dan murah meriah memperkuat sinyal wifi di rumah. Cukup menggunakan kaleng minuman bekas.

Langkah-langkah menggunakan kaleng bekas untuk memperkuat sinyal wifi di rumah

Gunakan cutter atau gunting untuk memotong kaleng tersebut.

Potong dan buang bagian atasnya, potong sisi depan lurus ke atas dan samping-samping bagian bawah untuk kemudian dilebarkan.

Jangan sampai terpotong semua, biarkan bagian alas tersisa.

Setelahnya kita tinggal taruh kaleng minuman bekas yang sudah terpotong ke antena pada router, arahkan sesuai keperluan.

Tenang, sayaajarkan sudah mempersiapkan video untuk mempermudah kalian melakukan langkah-langkah yang digambarkan di atas.

Lihat video di bawah:

Gampang kan? Tapi kok bisa begitu ya?

Jadi begini. Antena router wifi berfungsi memancarkan gelombang sinyal ke segala arah. Dan supaya maksimal, idealnya router diletakan tepat di tengah ruangan supaya semuanya tercakup sinyal.

Tapi keadaan rumah pastinya tidak ideal dong? Posisi router bisa saja ditaruh pojok atau bagian lainnya sesuai ketersediaan ruang. Antena memang bisa kita arahkan agar sinyal lebih terarah, namun sayangnya tadi, karena mungkin hanya router murah bawaan ISP jadi sinyalnya kurang kuat dan tidak sampai ke dapur bukan?

Nah, gampangnya, kaleng berfungsi memantulkan semua sinyal dari antena ke bagian dalam rumah sehingga kita bisa maksimal menerimanya. Jadi ibaratnya tidak ada yang terbuang percuma!

Perkuat sinyal wifi dengan kaleng bekas.

Begini hasil akhir dari modifikasi kaleng minuman bekas. Credit Photo: YouTube/Life of the Rich

Tips Tambahan

Karena sinyal wifi memantul dan tidak bisa menembus benda-benda seperti pintu kaca, tembok beton tebal, atau logam, usahakan menaruh router di tempat yang tidak terhalang hal-hal tersebut. Juga, agak jauhkan router dari benda elektronik lainnya setidaknya 1,5 meter karena sinyal bisa terganggu.

Hendak mencoba? Kabari kami hasilnya, ya!

Ngomong-ngomong, kalau ingin sedikit mengecek keamanan koneksi wifi di rumah apakah ada orang yang mencurinya atau tidak, bisa baca artikel kami yang bertajuk Password Wifi Milik Tetangga Bisa Ketahuan, Begini Caranya!

Referensi:

-Pengalaman pribadi
-https://eyesaas.com/wifi-signal-loss/
-https://www.wikihow.com/Increase-the-Range-of-Your-Wifi
-YouTube: Life of The Rich

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top