Technology

TV HD Ingin Awet? Simak 4 Tips Ini

Tips merawat TV HD.

Sayaajarkan – Mungkin sudah jamak di setiap rumah terpampang televisi (TV) yang mendukung kualitas gambar high definition (HD). Baik itu jenis LCD, LED, maupun plasma.

Tapi tahu tidak kalau TV berlayar datar yang kita tatap sehari-hari itu dikenal lebih ringkih?

Yep, berbeda dengan jenis tabung, meski menawarkan tampilan luar biasa, TV macam LCD, LED, maupun plasma memang punya kelemahannya tersendiri.

Televisi-televisi itu memiliki masa pakai alias umur. Biasanya sekitar 60 ribu hingga 100 ribu jam pemakaian.

Jangan sampai belum lama kita pakai, layar mulai berkedip-kedip atau mengalami masalah kerusakan lainnya hingga akhirnya perlahan mati.

Bila rusak, waduh biaya servis atau reparasinya bisa mahal banget hampir menyamai harga TV baru! Kalau pas bokek kan bisa stress gara-gara tidak bisa menonton film atau acara dengan tampilan ciamik.

Nah, supaya kantong tidak jebol buat biaya perbaikan atau beli televisi baru, mending kita rawat dan lakukan pencegahan-pencegahan berikut.

Disiplin dalam pemakaian bisa membuat televisi kita jadi lebih awet. Credit photo: www.valuewalk.com

Tips Merawat TV HD

Matikan saat tidak dipakai

Ini mungkin anjuran paling umum untuk semua produk elektronik. Tapi selain hemat listrik, televisi mahal loh yang kita bicarakan ini.

Memelihara kebiasaan kecil yang kerap terlupakan ini bisa membuat televisi LCD, LED atau plasma kita berumur jauh lebih panjang.

Atur brightness dan contrast

Kecuali pencahayaan di rumah sangat terang seperti di toko tempat kita membelinya, tidak perlu menyetel brightness dan contrast level hingga tingkat maksimal. Percuma saja tak ada manfaatnya. Yang ada malah umur televisi kita bisa berkurang hingga separuhnya loh. Waduh.

Secukupnya saja yang nyaman di mata.

Pakai stabilizer listrik

Tahu sendiri dong bahwa masih banyak daerah yang aliran listriknya tidak stabil. Listrik naik-turun bisa bikin televisi kita cepat rusak.

Gunakan stabilizer listrik supaya aman.

Beri ruang yang cukup

Saking ringkasnya desain televisi LCD, LED dan plasma, membuatnya tidak makan tempat dan bisa ditaruh di mana saja. Tapi mungkin tanpa disadari kita jadi menaruhnya terlalu menyempil tanpa memberikan sisa ruang untuk aliran udara.

Hati-hati, suhu panas adalah musuhnya televisi HD, bisa membuat bagian dalamnya rusak. Usahakan memberi jarak minimal 10 cm di sekitarnya supaya dia bisa bernafas.

Ada tips lainnya supaya tidak cepat rusak? Beritahu kami, ya!

Referensi:
https://www.ebay.com/gds/5-Tips-to-Increase-the-Longevity-of-Your-LED-TV-/10000000177628936/g.html
https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-3830229/baru-1-tahun-tv-led-di-rumah-sudah-rusak-salah-pilih-tv

Click to comment
To Top