Technology

Tahukah Kamu: Beda Virus Komputer, Trojan, dan Malware

Ilustrasi virus. Credit photo: pixabay

Sayaajarkan – Jangan cuma asyik memakai komputer dan mengarungi internet. Ibarat rumah yang kalau tidak dijaga bisa dimasuki maling, komputer yang kita gunakan sehari-hari pun begitu. Salah-salah, komputer kita bisa terkena virus, trojan hingga malware.

Virus komputer, trojan, hingga malware adalah ancaman nyata yang wajib kita waspadai. Mereka selalu mengintai di balik aktivitas yang terlihat sepele seperti mentransfer data lewat USB flashdisk, download software gratis, hingga membuka website-website menarik.

Nah, sudah tahukah kamu perbedaan dan seberbahaya apa mereka? Kalau belum tahu, sini saya ajarkan!

Virus Komputer

Virus komputer adalah perangkat lunak atau software yang menyebar dan menyerang sebuah sistem dengan tujuan mengganggu penggunaannya. Virus yang menginfeksi komputer bisa merusak dan bahkan menghapus data pada hard disk.

Virus komputer biasanya akan menyebar melalui lampiran email dan pesan. Jadi, berhati-hatilah bila menerima email yang tidak jelas asalnya. Jangan asal membuka link!

Trojan

Trojan merupakan perangkat lunak atau software yang bertujuan mencuri informasi penting seperti password, transaksi dan lain sebagainya, yang tercantum dalam log komputer.

Trojan berbentuk excecutable file, menyebar dengan cara disembunyikan dalam kode program. Pemilik komputer seringkali tidak menyadari bahwa program yang dijalankannya adalah trojan.

Hati-hati saat menjalankan program yang baru kita download!

Malware

Selain dua nama di atas, malware juga tak kalah berbahayanya. Malware adalah perangkat lunak atau software yang dipakai untuk mencuri data, memanipulasi, bahkan memata-matai sistem komputer. Seram ya?

Malware bisa menyebar lewat banyak cara. Biasanya melalui jaringan internet, email, pesan pribadi, hingga website.

Lalu, bagaimana cara untuk mencegah atau melindungi komputer kita dari ketiga ancaman tadi?

Yang paling mendasar, tentu saja dengan menggunakan program antivirus serta proteksi/keamanan komputer paling update. Meski banyak brand antivirus terkenal yang bisa didownload dan dipakai secara gratis, bila punya uang lebih, tak ada salahnya membeli versi berbayar demi perlindungan yang lebih lengkap.

Punya rekomendasi program antivirus terbaik?

Referensi:
– https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-malware/

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top