Apps

Spyware: App Android Ini Bisa Curi Pesan WhatsApp Kita

Skygofree: Spyware yang mengancam WhatsApp.

Sayaajarkan – Internet telah menjadi keseharian kita di hidup yang serba digital ini. Dari belanja, pesan tiket pesawat, transfer bank, semua bisa dilakukan secara online. Untuk itu keamanan siber bukan perkara sepele, terutama dengan maraknya ancaman virus, trojan, malware, hingga spyware.

Kita wajib waspada dan melek akan teknologi. Kegaptekan (Gaptek: Gagap teknologi) tidak punya tempat lagi di era kekinian.

Meski hanya menggunakan gadget untuk chatting via WhatsApp atau menonton video di YouTube, apapun bisa terjadi. Jangan sampai ketidaktahuan membuat perangkat atau gadget baik seperti komputer, laptop, smartphone Android maupun iPhone kita jadi rentan terserang.


Waspada Spyware Bernama Skygofree

Ngomongin spyware, berita terbaru yang datang dari dunia keamanan siber mungkin akan sedikit membuat kita merasa paranoid alias parno. Para peneliti cyber security dari perusahaan yang terkenal dengan anti-virusnya, Kapersky Lab menemukan sebuah spyware Android dengan fungsi tak biasa.

Kapersky Lab bahkan menyebut Skygofree–demikian nama spyware itu kerap disebut–sebagai salah satu tool spionase atau mata-mata berbasis Android paling kuat yang pernah ada.


Mengancam Privasi WhatsApp

Skygofree sendiri menurut press release Kapersky Lab di website mereka baru-baru ini, telah eksis sejak 2014 lalu, dan sekalinya terinstall, software tersebut bisa secara diam-diam mengambil foto, merekam video, dan mencuri data dari smartphone kita. Bahkan yang paling mengerikan adalah, Skygofree bisa melihat dan mencuri pesan dari WhatsApp kita.

Meski pesan dalam WhatsApp telah terenkripsi menggunakan end-to-end-encryption, spyware tersebut masih bisa mengaksesnya dengan memanfaatkan Accessibility Service pada Android untuk membaca konten-konten yang terpampang pada aplikasi chatting.

Fitur mengerikan lainnya yang ditemukan adalah, spyware ini bisa menguping korbannya ketika perangkat milik dia memasuki lokasi tertentu, berdasarkan geolocation-nya.

Skygofree mampu mengakses data kita di WhatsApp. Waspadalah. Credit Photo: Pixabay


Dari mana Asal Skygofree?

Kapersy Lab mengungkapkan, bahwa Skygofree banyak beraksi menggunakan laman website palsu yang berpura-pura menjadi provider seluler, menipu pengguna untuk menginstallnya. Kata-kata macam “Download update sekarang dan dapatkan kecepatan maksimum” pun menjadi andalan.

Masih menurut Kapersky Lab, Skygofree nampaknya tidak berasal dari kelompok kriminal mana pun, melainkan diduga milik perusahaan pengawasan siber di Italia.

Spyware Skygofree Baru beraksi di Italia

PC Mag memberitakan, spyware tadi mengandung banyak referensi penamaan “negg”, yang juga merupakan nama sebuah perusahaan IT di Roma, Italia. Negg sendiri belum berkomentar apapun terkait klaim Kapersky, dan Kapersky juga tidak menyebut persis nama perusahaan yang mereka duga bertanggung jawab atas Skygofree.

Meski begitu, Kapersky meyakini bahwa pihak di belakang Skygofree melakukan aksi serupa dengan Hacking Team, sebuah perusahaan keamanan siber Italia yang dikenal menjual teknologi pengawasan kepada aparat penegak hukum dan pemerintahan.

Tips Hindari Skygofree

Mengerikan ya? Tapi jangan khawatir. Sejauh ini Skygofree hanya ditemukan beraksi di Italia.

Meski begitu, tetaplah waspada dengannya atau hal serupa, dengan berhati-hati saat membuka lampiran email atau kiriman link dari sumber yang tidak jelas.

Juga, jangan asal download aplikasi, dan selalu update perangkat kita dengan program anti-virus terpercaya.

Click to comment
To Top