Technology

iPhone Lemot? Cara Reset Sendiri Agar Seperti Baru Lagi

Tutorial reset iphone

Sayaajarkan – Apakah iPhone kita mulai lemot? Sering hang dan lain sebagainya? Mau mahal atau murah, tak ada smartphone yang kebal dari masalah. Termasuk gadget keluaran Apple yang tersohor itu.

Sebelum dibawa ke tukang servis dan reparasi handphone, mungkin ada baiknya kita coba atasi dengan cara meresetnya sendiri dahulu. Setelah direset, biasanya otomatis perangkat tersebut akan kembali ke pengaturan awal seperti baru membeli.

Tapi sebelum melakukannya, pastikan telah back-up semua data yang tersimpan terlebih dahulu, ya! Karena pasca reset, semua bisa terhapus tak tersisa.

Ada dua cara reset: Reset biasa dan hard reset. Reset berfungsi mengatasi masalah-masalah ringan seperti sinyal dan koneksi wifi yang lemah, crash aplikasi dan masalah harian lainnya.

Sedangkan hard reset, bertujuan untuk mengatasi masalah yang lebih berat seperti misalnya perangkat yang freeze, alias tidak merespon sama sekali dalam keadaan hidup.

Begini caranya melakukan reset dan hard reset sendiri di rumah, seperti dilansir dari Lifewire.

Sekali lagi, ingatlah selalu untuk amankan data-data penting sebelum melakukan reset maupun hard reset. Credit photo: Computerworld

Tutorial Reset IPhone

Cara reset iPhone 8, X, XS, dan XR

Tahan tombol Sleep/Wake dan Volume Down secara bersamaan, tunggu sampai Power-Off Slider muncul, lalu gerakan slider dari kiri ke kanan untuk shut down atau mematikan iPhone.

Cara reset model lainnya:

Tahan tombol Sleep/Wake, Lepas tombol Sleep/Wake, lalu gerakan Power-Off Slider dari kiri ke kanan. Ini akan mematikan perangkat. Layar akan menampilkan indikasi bahwa proses shut down sedang berlangsung.

Setelah benar-benar mati, tahan kembali tombol Sleep/Wake sampai logo Apple muncul. Lepaskan tombol dan tunggu perangkat selesai booting up.

Tutorial Hard Reset

Bila reset biasa tidak menyelesaikan masalah, mungkin hard reset perlu dicoba:

Cara hard reset iPhone 8, X, XS, dan XR

Klik dan lepas tombol Volume Up; Klik dan lepas tombol Volume Down; lalu tahan tombol Sleep/Wake sampai restart dan logo Apple muncul.

Cara hard reset iPhone seri 7:

Caranya hampir sama dengan di atas, namun tombol Volume Down dan Sleep/Wake ditekan dan ditahan secara bersamaan.

Cara hard reset model lainnya:

Tahan tombol Sleep/Wake dan Home Button secara bersamaan.

Saat power-off slider muncul, jangan lepas. Tahan sampai layar berubah hitam, kemudian tunggu sampai logo Apple silver muncul. Setelah muncul, lepas. iPhone sedang reset.

Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of
To Top