Technology

Tutorial Unreg SIM Card yang Sudah Terdaftar

Tutorial unreg sim card

Sayaajarkan – Terhitung sejak 15 Desember 2015 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menetapkan adanya peraturan registrasi untuk semua pengguna kartu seluler prabayar atau SIM Card. Langkah ini dipakai untuk meningkatkan kenyamanan komunikasi sekaligus meminimalisir adanya penipuan dan tindak kejahatan melalui telepon.

Sejak aturan itu ditetapkan, kita wajib registrasi memakai data NIK dan KK supaya SIM Card yang baru kita beli bisa digunakan. Satu data NIK dan KK bisa dipakai untuk mendaftarkan 3 SIM Card saja.

Nah, buat yang sudah terlanjur memakai NIK untuk registrasi di 3 SIM Card, salah satu cara untuk bisa memakai kartu prabayar baru adalah dengan unreg di salah satu kartu yang sudah tidak terpakai. Barangkali belum tahu, sini saya ajarkan.

Tutorial Unreg SIM Card yang Sudah Diregistrasi

Untuk membatalkan registrasi, kita bisa datang ke gerai provider dari kartu yang ingin kita nonaktifkan. Syaratnya cukup dengan membawa KTP.

Namun, bagi yang malas keluar rumah, kita bisa melakukannya langsung lewat handphone. Cukup ikuti langkahnya di bawah ini sesuai provider kartu prabayar yang kita pakai.

Indosat Ooredoo

Kirim SMS dengan format UNPAIR#nomor telepon# ke 4444.

Smartfren

Pelanggan Smartfren dapat membatalkan registerasi dengan mengirim SMS ke 4444 dengan format UNREG#NIK#.

Selain itu, kita juga bisa melakukannya dengan mengunjungi mysf.id/unreg memakai jaringan internet Smartfren. Masukkan NIK dan ikuti langkah-langkah yang diminta agar proses unreg bisa berjalan dengan baik.

XL dan AXIS

Untuk pelanggan XL dan Axis, ada dua langkah yang bisa ditempuh untuk membatalkan registrasi. Yang pertama adalah dengan dial *123*4444#. Sementara yang kedua, adalah dengan mengirim SMS ke 4444 menggunakan format UNREG#nomor telepon#.

Unreg SIM Card sesuai aturan dari provider yang digunakan. Credit photo: engadget.com

Telkomsel

Unreg nomor kartu prabayar Telkomsel cukup mudah. Cukup Dial *444#, pilih UNREG, masukan NIK lalu pilih KIRIM.

Tri (3)

Untuk unreg kartu Tri, kunjungilah terlebih dahulu situs registrasi.tri.co.id kemudian pilih menu UNREG. Masukkan nomor telepon dan NIK dan mintalah kode rahasia yang nantinya akan dikirim melalui SMS. Setelah itu, masukkan kode rahasia yang telah diterima, centang kolom ‘I’M NOT ROBOT’ lalu pilih KIRIM.

Bagaimana? Semoga membantu ya. Jangan lupa beritahu kami kalau ada info, tutorial, dan tips-tips seru lainnya, ya!

Click to comment
To Top