Technology

Tips Membuat Password yang Aman Menurut Kaspersky

Tips membuat password yang aman

Sayaajarkan – Beberapa dari kita sering memakai kata sandi atau password yang sama untuk berbagai akun.

Hal ini dilakukan lantaran kita memiliki keterbatasan untuk mengingat semua kata sandi dari puluhan akun yang kita miliki.

Bahayanya, jika ketahuan atau tercuri, maka pencurinya bakal dengan mudah membobol akun-akun lain milik kita, seperti disebutkan oleh para peneliti dari perusahaan aplikasi keamanan internet Kaspersky Lab.

“Lebih dari 700 juta alamat email dan kata sandi yang tidak terenkripsi baru-baru ini, data dari berbagai kebocoran dapat dengan mudah digabungkan dan digunakan dalam serangan pengisian kredensial, di mana peretas menggunakan kombinasi email/kata sandi korban untuk membobol akun pengguna lainnya yang memiliki kata sandi yang sama,” seperti tertulis dalam siaran pers Kaspersky (19/2) lalu.

Untuk menandai hari “Change Your Password 2019”, para peneliti keamanan di Kaspersky Lab menganjurkan kita untuk membuat kata sandi yang unik dan mudah diingat. Langkah ini lebih baik daripada sering menggonta-ganti password.

Sulitnya membuat password yang aman dan mudah diingat

Membuat password yang aman dan gampang diingat bukanlah langkah yang mudah. Karena jika kita membuat kata sandi sederhana yang mudah diingat, risiko penyerang untuk meretas akun akan jauh lebih tinggi.

Begitu juga jika kata sandi cenderung kompleks dan sulit diingat, kemungkinan besar kita akan terus memakai satu hingga dua kata sandi dan menggunakannya kembali pada beberapa situs web.

Padahal, peneliti Kaspersky Lab telah memperkirakan bahwa kerentanan terbesar kata sandi adalah penggunaannya yang berulang.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara membuat password yang aman? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Hindari membuat password yang terlalu mudah ditebak. Credit photo: Naked Security

Tips membuat password yang aman

Buat Deretan Statis

Langkah pertama, buatlah “deretan statis” atau bagian kata sandi yang tidak berubah. Pikirkan frasa, lirik lagu, kutipan dari film, sajak anak-anak, atau hal serupa yang berkesan bagi kita.

Ambil huruf pertama dari tiga hingga lima kata pertama. Di antara setiap huruf tambahkan karakter khusus: @ atau # dan lainnya.

Mulai sekarang, kita dapat mulai merangkai kata sandi unik sendiri berdasarkan langkah di atas.

Tambahkan Kekuatan Asosiasi

Ketika memikirkan akun online yang memerlukan kata sandi, tulislah kata pertama sebagai kata yang berhubungan dengan situs terkait.

Misalnya, kita dapat mengaitkan Facebook dengan warna biru di logonya. Tambahkan kata “biru,” lalu letakkan di akhir “deretan statis” sebelumnya.

Menurut David Jacoby, peneliti keamanan di Tim Penelitian dan Analisis Global Kaspersky Lab (GReAT), password yang kuat tidak harus berarti merepotkan.

Ia menjelaskan, “Misalnya frasa yang kita pikirkan adalah ‘Twinkle Twinkle Little Star, How I Wonder What You Are,’ dan karakter khusus yang ingin kita gunakan adalah ‘#’, maka kata sandi untuk Facebook kita adalah sesuatu seperti: T#T#L#S#Hblue.”

“Ada cara mudah untuk menjadikannya unik, namun mudah diingat, sehingga tidak dapat digunakan untuk meretas akun lain, meskipun detilnya terekspos dalam kebocoran data. Selain itu, ada alat manajemen kata sandi yang aman dan tersedia. Termasuk Kaspersky Password Manager yang dapat membantu kitaa untuk membuat lusinan kata sandi unik dan aman,” pungkasnya.

Nah, bagaimana? Yuk ubah password akun-akun online kita biar lebih aman.

Click to comment
To Top