Technology

Keyboard Laptop: Tips Supaya Nggak Gampang Rusak

Tips merawat keyboard laptop

Sayaajarkan – Lagi asyik-asyik mengetik di laptop lalu keyboard tiba-tiba macet. Arrrrgghh!  Pastinya bikin kesal bukan main. Menulis jadi lama, chatting online jadi terhambat, dan lain-lain sebagainya bikin mau ngamuk saja. Apalagi kalau yang pekerjaannya bergantung pada laptop dan internet. Juga mahasiswa yang lagi sibuk menyelesaikan skripsi.

Sabarnya ya, tahan emosi.  Jangan sampai dipukul apalagi dibanting laptopnya. Tak menyelesaikan masalah adanya malah tambah rusak parah.
Membawa laptop kita tempat reparasi dan service komputer mungkin terpaksa jadi jalan satu-satunya. Kalau sudah begini, bukan hanya keluar uang, waktu pun terbuang. Nggak bisa kerja kan jadinya harus nunggu beres dulu? Bisa sih pakai keyboard eksternal, tapi rasanya kurang nyaman.

Nah, buat yang baru beli laptop, mumpung itu semua belum terjadi, nih saya ajarkan beberapa tipsnya supaya keyboard kita awet. Sederhana dan umum banget sih sebenarnya, tapi mungkin sering kita abaikan dalam keseharian.

Mending dirawat dari sekarang, biar nanti enggak menyesal. Credit photo: Freepik
Mending dirawat dari sekarang, biar nanti enggak menyesal. Credit photo: Freepik

Tips Merawat Keyboard Laptop

Debu Adalah Musuh Utama Keyboard Laptop

Debu yang masuk melalui sela-sela tombol keyboard laptop lama-lama bisa menumpuk. Hal ini bisa menyebabkan fungsinya terganggu. Mencegahnya terjadi, bersihkan laptop dari debu dan kotoran yang masuk secara rutin. Kita bisa menggunakan peniup angin atau kuas halus untuk melakukannya.

Hindari Makan, Minum atau Merokok Dekat Laptop

Untuk mengurangi debu yang masuk, kita juga bisa menggunakan cover keyboard. Selain melindungi dari debu, cover tersebut juga bisa mencegah laptop kemasukan cairan seperti bila kita tidak sengaja menumpahkan minuman.

Tapi sebaiknya sih, hindari makan, minum atau merokok saat menggunakan laptop. Remah makanan tercecer, minuman tumpah, hingga abu dan bara rokok bisa menggangu kinerja bahkan merusak keyboard laptop kita. Belum lagi komponen laptop lainnya juga bisa terancam. Aduh, hati-hati.

Jangan Mengetik Terlalu Keras

Seringkali saking asyik atau semangatnya menulis, kita jadi terlalu cepat menekan tombol keyboardnya. Terlalu cepat mengetik biasanya juga secara tidak sadar menekannya terlalu kencang. Santai Mas, Mbak. Ditekan lembut saja sudah cukup kok, itu laptop bukan mesin tik. Hehehe.

Nah itu tadi tips gampang merawat keyboard laptop kita. Punya cara lainnya yang harus masuk daftar? Bagi dong!

Click to comment
To Top