Technology

Windows 10: 5 Langkah Gampang Matikan Update Otomatis

Cara setop update otomatis pada windows 10

Sayaajarkan – Yang pakai laptop bersistem operasi Windows 10 pasti tahu betapa lamanya harus menunggu instalasi update otomatis selesai. Baik saat hendak kita shutdown, saat restart, atau setelah kita nyalakan ulang pasca blue screen alias layar biru kematian muncul mendadak.

Arrrghh, mengesalkan pokoknya! Di tengah pekerjaan penting waktu jadi terbuang percuma.

Sebenarnya instalasi update otomatis pada Windows 10 sangat berguna bagi penggunanya. Dengan selalu terhubung ke internet, komputer kita jadi selalu mendapatkan pembaharuan yang penting demi kenyamanan dan keamanan sehari-hari.

Tapi tentu di saat yang tidak tepat malah menyusahkan jadinya. Apalagi bagi user biasa dengan pekerjaan sehari-harinya mengandalkan komputasi ringan seperti mengetik dan browsing website, serta hanya menggunakan Windows 10 Home, bukan Professional. Mengupdate rasanya lebih nyaman dilakukan di waktu luang saat kita benar-benar ada waktu untuk mengutak-atik komputer kita selain untuk bekerja.

Anyways, tenang saja, ada caranya kok untuk mematikan fitur yang satu itu. Seperti dilansir Lifewire, sini saya ajarkan caranya menghentikan update otomatis pada Windows 10 kita!

Sebal nggak sih saat mau mengerjakan sesuatu di laptop tiba-tiba muncul update otomatis seperti ini.
Sebal nggak sih saat mau mengerjakan sesuatu di laptop tiba-tiba muncul update otomatis seperti ini.

Cara Menyetop Update Otomatis di Windows 10

Langkah 1

Luncurkan Run dengan menekan tombol Windows+R. Saat jendela Run muncul, ketik service.mclalu klik OK.

Langkah 2

Setelah jendela daftar Service muncul, pilih Windows Update, kemudian klik gambar Stop untuk menghentikan service tersebut.

Langkah 3

Kini service tersebut telah kita berhentikan. Klik kanan Windows Update lalu pilih Properties.

Langkah 4

Pada jendela Properties, pilih menu dropdown Startup type. Pilih Apply, kemudian OK.

Langkah 5

Keluar dari jendela Services dan sekarang kita tidak perlu direpotkan lagi dengan update otomatis pada komputer Windows 10 kita.

Ilustrasi cara mematikan update otomatis pada windows 10. Credit photo: Ease.us
Ilustrasi cara mematikan update otomatis pada windows 10. Credit photo: Ease.us

Bagaimana, gampang bukan? Oh ya, cara-cara di atas hanya berlaku bagi Windows 10 Home ya, bukan yang Professional. Dan, jika ingin kembali membuat komputer terupdate otomatis, untuk mengembalikannya tinggal diulang saja cara-cara yang disebutkan tadi secara kebalikannya.

Ngomong-ngomong, baca juga berbagai tips lainnya seputar komputer dan internet di SayaAjarkan.com. Dari tips membuat keyboard laptop awet, menghemat kuota HP Android, hingga cara mengetahui password wifi milik tetangga.

Selamat bekerja!

Click to comment
To Top