Technology

Tips Memilih Kamera untuk YouTuber

Ilustrasi kamera youtuber. Sumber foto: adorama.com

Sayaajarkan – Menjadi YouTuber saat ini adalah cita-cita banyak orang. Kesuksesan YouTuber Tanah Air beserta kemewahan yang mereka miliki seolah menggiurkan untuk diikuti. Terutama jika melihat kamera dan perangkat syutingnya yang sangat profesional.

Nah, buat kamu yang ingin memulai membangun channel YouTube, berikut ini Saya ajarkan beberapa tips menentukan kamera yang kamu gunakan.

Tema video

Merencanakan dengan baik tema video yang kamu buat adalah hal penting. Mulailah langkah awal dengan memilih jenis kamera apa yang akan kamu gunakan.

Misalkan kamu berniat membangun channel dengan tema outdoor atau petualangan yang membutuhkan banyak gerak, kamu akan lebih enak menggunakan action cam yang kecil, ringan, dan tahan benturan juga air.

Sementara jika kamu lebih mengutamakan sinematografi, kamu dapat memilih DSLR yang memiliki banyak variasi lensa yang dapat kamu gunakan.

Orientasi video

Perlukah wajahmu tampil dalam video? Jika iya, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk memiliki kamera yang memiliki layar yang dapat diputar menghadap depan. Ini untuk memastikan wajahmu tidak out of frame.

Namun, jika videomu hanya pemandangan, review atau unboxing produk yang tak perlu menampilkan wajah, rasanya tidak perlu menggunakan kamera dengan layar yang bisa diputar menghadap ke depan.

Dalam memilih kamera dengan layar putar, ada dua tipe yaitu yang bisa diputar ke atas dan yang bisa diputar ke samping.

Kami menyarankan untuk memilih layar yang bukaannya ke samping. Memang terlihat ngeri patah atau tersenggol, namun dengan layar bukaan ke samping, secara teknis kamu tidak akan terganggu ketika menggunakan lighting ataupun microphone pada hot shoe di atas kamera.

Port microphone di kamera

Pada umumnya, kamera kekinian sudah memiliki microphone built-in yang kualitasnya sudah cukup bagus, namun, tetaplah memasukkan port microphone sebagai pertimbangan dalam memilih kamera.

Meskipun yang kamu sajikan adalah sebuah video, tanpa kualitas audio yang baik orang akan malas melihat videomu.

Sebaliknya, meskipun gambar yang kamu hasilkan kurang begitu bagus, namun asalkan kualitas audiomu cukup baik, maka penonton akan lebih dapat mentoleransinya.

Itulah alasan para YouTuber besar selalu menggunakan mic eksternal. Itu karena mereka ingin memberikan kualitas audio yang baik, sehingga pesan dari video yang mereka buat dapat tersampaikan dengan baik.

Untuk jenis microphone sendiri ada banyak jenisnya. Kamu dapat memilihnya dan menyesuaikan dengan konsep video yang akan kamu buat.

Haruskah punya kamera bagus dulu untuk jadi YouTuber?

Ingat, jangan menunda impian kamu hanya demi melengkapi peralatan di atas. Mulailah dulu dengan alat seadanya. HP zaman sekarang pun sudah memiliki kamera yang cukup bagus.

Tidak perlu mengejar kualitas full HD atau bahkan 4K, karena penonton Indonesia cukup terbiasa menonton YouTube dengan kualitas alakadarnya.

Sementara untuk microphone, hampir semua microphone dapat digunakan pada HP meskipun ada beberapa yang membutuhkan alat tambahan.

Selamat membuat video!!

Click to comment
To Top