Apps

Jualan Online: Tips Berdagang di Dunia Maya

Tips memulai jualan online. Credit Photo: Thehindu.com

Sayaajarkan – Zaman sekarang, banyak di antara teman atau anggota keluarga kita yang mempunyai pekerjaan sampingan dan mendapat penghasilan tambahan dengan cara jualan online.

Bahkan nggak tanggung-tanggung, ada juga yang rela meninggalkan pekerjaan kantoran mereka demi fokus menjalani bisnis ini. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan, di antaranya adalah bisa dikerjakan dari rumah bermodal internet, waktu yang fleksibel, dan masih banyak lagi.

Nah, kalau ada keinginan untuk memulai jualan online, tapi masih bingung ingin memulai darimana? Sini, saya ajarkan.

Tips memulai jualan online.

Ingat, meski waktunya fleksibel, bukan berarti jualan online gak butuh ketekunan. Credit Photo: NepalBuzz.com

Tentukan tujuan / Goal

Tanyakan pada dirimu, produk apa yang ingin kamu tawarkan? Apa yang harus dipersiapkan? Kapan harus memulai? Kenapa harus secara online? Dimana harus memasarkannya? Bagaimana cara memasarkan? Siapa target pelangganmu?

Kenali Kompetitormu

Hal ini penting banget, mengingat pertumbuhkan persaingan yang semakin banyak setiap harinya. Coba deh, buat inovasi yang nggak dimiliki kompetitor lain atau berikan promo berfaedah dan unik kepada calon pelangganmu.

Bentuk Tim

Jika produknya sudah mulai dikenal banyak masyarakat, pastinya butuh beberapa orang yang harus membantu pekerjaanmu. Sesuaikan antara pemasukan dan anggaran, supaya kamu bisa menentukan jumlah orang yang akan direkrut. Untuk permulaan, nggak perlu banyak karyawan. Coba ajak orang terdekatmu, seperti: adik / tetangga / teman yang bisa membantu kamu. Setidaknya, langkah ini bisa membuat proses pemasaran lebih efektif dan pekerjaanmu lebih efisien.

Tips memulai jualan online.

Jangan segan manfaatkan semua media sosial dan aplikasi toko online untuk memperluas jangkauan pembeli kita. Credit Photo: http://www.ehandel.se

Manfaatkan Media sosial

Aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dsb berguna banget dalam mengenalkan produk kita ke teman-teman ataupun pelanggan baru. Posting beberapa produk terbaik, gunakan hashtag yang menarik dan jangan takut mempromosikan produk kita.

Mulai saja dari lingkup keluarga dan teman-teman untuk membeli atau mencoba, dan jangan lupa berikan testimoni yang menarik, supaya kita bisa mendapatkan respons positif dari orang-orang di media sosial.

Perluas jangkauan pemasaran

Kalau penjualan sudah semakin baik, nggak ada salahnya untuk memulai membuka usaha di beberapa aplikasi online shop. Saat ini sudah bisa didownload dari Playstore atau App Store yang memudahkan orang untuk memasarkan produk yang lebih luas lagi.

Apalagi aplikasi-aplikasi itu menawarkan banyak manfaat, mulai dari pembayaran yang mudah, sistem nggak lemot, gratis ongkos kirim, dan masih banyak lagi.

Nah! Dari tulisan diatas, sudah kebayang dong serunya jualan online?

Click to comment
To Top