Apps

YouTube: Cara ‘Usir’ Konten Tak Menarik di Beranda

YouTube

Sayaajarkan – Kesal enggak sih ketika kita buka YouTube dan menemukan banyak rekomendasi konten yang kurang kita sukai. Apalagi kalau videonya cuma berisikan judul-judul clickbait yang menjebak. Sudah habiskan kuota, mood kita malah jadi rusak.

Biasanya, rekomendasi itu muncul lantaran aktivitas yang dilakukan di akun YouTube pribadi kita. YouTube secara otomatis akan merekomendasikan video-video yang sekiranya ada kaitannya dengan video yang telah kita tonton sebelumnya. Baik itu dari channel yang sama, maupun dari channel yang berbeda.

Alhasil, video-video itu nantinya jadi campur aduk di beranda dengan video yang memang sudah kita subscribe. Malesin banget kan?

Nah, kalau kita ingin menghilangkan konten-konten tersebut dari beranda, berikut beberapa tutorial yang bisa kita lakukan lewat smartphone. Sini sayaajarkan.

Membersihkan histori tontonan dan histori pencarian kita akan mmbantu mengurangi rekomendasi konten yang tak perlu.

Hapus Histori Aktivitas di YouTube

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk melakukan hal tersebut adalah dengan membersihkan histori tontonan dan histori pencarian kita.

Dua tombol tersebut terdapat di ‘histori & privasi’ yang terdapat di bagian pengaturan.

Namun hati-hati, selain membersihkan beranda kita dari video-video rekomendasi yang tidak kita sukai, ada kemungkinan kalau video-video yang kita sukai juga akan ikut lenyap. Jadi, jangan lupa subscribe terlebih dahulu sebelum menghapus histori-nya.

Utarakan Ketidaktertarikan Kita

Selain menghapus histori tontonan dan pencarian, kita juga bisa langsung menyingkirkan video rekomendasi yang tidak kita sukai dengan cara mengklik tiga tombol titik yang terdapat di sebelah kanan bawah thumbnail video.

Dengan mengutarakan ketidaktertarikan kita, YouTube akan memastikan video-video sejenis itu tak lagi muncul di beranda.

Pilihlah opsi ‘tidak tertarik’, lalu klik beberapa alasan yang disodorkan, contohnya ‘saya tidak tertarik dengan channel ini’ atau ‘saya tidak tertarik pada rekomendasi berdasarkan…’ Dengan begitu, YouTube akan memastikan video-video sejenis itu tak lagi muncul di beranda kita.

Bagaimana, mudah bukan? Semoga aktivitas menonton YouTube kamu semakin menyenangkan ya…

Click to comment
To Top