Apps

Instagram Dibajak? Begini Cara Merebutnya Kembali!

Instagram

Sayaajarkan – Sudah punya ribuan, puluhan, atau ratusan ribu followers di Instagram? Jangan sekedar senang karena instagram stories banyak yang lihat; banjir likes setiap upload foto; hingga dapat banyak endorse-an. Hal ini juga bisa menarik perhatian hacker jahat.

Entah motifnya iseng belaka, unjuk gigi, atau demi meraup keuntungan, pastinya sangat merepotkan bila akun kita dibajak. Belum lagi akan ada banyak pihak yang dirugikan jika oknum tersebut berpura-pura jadi kita. Waduh, jangan sampai deh.

Tapi bagaimana bila sudah kejadian? Jangan kalah dulu. Kita masih punya kesempatan untuk mengambil alih kembali akun kita yang kena hack. Sini saya ajarkan caranya!

Ternyata tidak sulit untuk bisa mendapatkan centang biru di Instagram. Credit Photo: IMPACT Branding & Design
Segera amankan akun kita jika ada indikasi dibajak orang lain. Credit Photo: IMPACT Branding & Design

Tips Rebut Instagram yang Kena Hack

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melaporkannya kepada Instagram. Buka Pusat Bantuan Instagram->Pusat Privasi dan Keselamatan->Laporkan Sesuatu->Akun yang Dibajak. Selanjutnya tinggal ikuti perintah yang tertera.

Selain melaporkannya, kita juga bisa mencoba mengatasinya sendiri. Jika masih bisa login, buka aplikasi di smartphone->Settings->Ganti password supaya hacker tidak bisa login kembali.

Setelah mengganti pasword, cek daftar authorized applications supaya dia tidak bisa mengupload atau memposting dari aplikasi pihak ketiga. Untuk melakukan yang satu ini, kita harus login melalui browser komputer laptop atau desktop kita. Caranya: Settings->Authorized Apps->Revoke Access.

Sebaliknya, kalau kita tidak bisa login ke akun kita , berarti sang hacker telah mengganti passwordnya. Buka aplikasi Instagram->Klik Forgotten Password->Isi username atau email.

Setelahnya kita tinggal mengikuti perintah yang muncul. Biasanya, kita akan menerima email masuk kemudian diberikan link unuk mengganti password.

Upload foto di Instagram. Credit Photo: CXM.World
Hubungkan Instagram dengan Facebook dan Email sebagai pertahanan terhadap serangan hacker. Credit Photo: CXM.World

Jika username Instagram dan email telah diubah hacker

Kalau username hingga email telah diganti oleh si hacker, coba cek email apakah ada email masuk soal permintaan penggantian email yang dikirimkan oleh Instagram. Jika ada, klik pilihan untuk menyatakan bahwa bukan kita yang melakukannya.

Jika email tersebut tidak ada, maka jalan terakhir adalah menggunakan akun Facebook. Ini hanya bisa dilakukan jika sebelumnya akun kita telah terhubung dengan akun Facebook.

Di aplikasi Instagram pada smartphone, login menggunakan Facebook. Setelah masuk, langsung masuk ke Settings dan atur ulang email serta password kita dengan cara yang telah disebutkan sebelumnya.

Click to comment
To Top