Apps

Android dan iPhone: Cara Merekam Layar HP

Tutorial merekam layar di iPhone dan Android.

Sayaajarkan – Ingin jadi YouTuber mobile gaming beken? Atau ingin bikin video tutorial aplikasi Android dan iPhone dengan merekam layar lalu membagikannya ke seantero jagat maya? Zaman sekarang bermodalkan gadget yang kita punya sehari-hari dan koneksi internet, apapun memang bisa jadi karya yang menghasilkan. Jadi jangan disia-siakan!

Tapi, sudah tahu cara merekamnya sebelum kemudian di-upload ke YouTube, belum? Kalau belum tahu, nih saya ajarkan caranya merekam layar jadi video di smartphone Android dan iPhone kita. Siapa tahu bisa jadi YouTuber kondang.

Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk rekam layar android adalah
AZ Screen Recorder. Credit photo: thewirecutter.com

Cara Merekam layar Android

Kalau pada komputer Windows 10 tidak perlu menggunakan software tambahan untuk rekam video ala gamers, untuk merekam aktivitas layar smartphone Android, kita bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama AZ Screen Recorder. Download dan install lewat Google Play Store kalau belum punya.

Buka aplikasi. Pada menu Settings kita bisa mengatur resolusi video, bitrate, frame per second dan lainnya sesuai keinginan. Bila sudah, kembali ke tampilan awal. Tap ikon Recorder hingga muncul countdown.

Sekarang kita bisa mulai merekam layar smartphone. Tarik bar notifikasi kalau sudah selesai dan tap stop untuk berhenti. Video hasil rekaman kita tadi tersimpan di dalam folder AzRecorderFree. Selanjutkan tinggal kita pindahkan ke komputer atau laptop bila diperlukan.

Untuk rekam layar iPhone dengan sistem operasi iOS terbaru, kita tak perlu mendownload aplikasi apapun. Credit photo: Geek.com

Cara Merekam layar iPhone

Menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS terbaru, cukup menggunakan aplikasi bawaan tanpa perlu repot mendownload apa-apa lagi melalui Apps Store.

Caranya tinggal buka Settings dan cari Control Center. Pada Control Center kita tinggal menambahkan opsi Screen Recording. Pindahkan ke posisi atas. Kembali ke layar utama, geser ke atas untuk menampilkan Control Center. Tap ikon Screen Recording untuk mulai merekam layar iPhone.

Ikon berwarna merah beserta notification bar berwarna sama akan muncul ketika Screen Recording aktif. Buka Control Center kembali dan nonaktifkan Screen Recording jika sudah selesai. Video hasil rekamannya bisa kita lihat di folder Photos. Buka Camera Roll untuk menontonnya.

Gampang kan? Selamat mencoba, ya!

Oh ya, cek juga berbagai apps keren lain untuk bikin dan edit video sendiri lewat HP. Nggak harus punya komputer dengan spek tinggi atau MacBook kok!

Click to comment
To Top