Apps

Tips N’ Trick: Cara Supaya Instagram Irit Kuota Internet

Instagram. Credit photo: joe.co.uk

SayaajarkanSehari saja tidak membuka Instagram rasanya ada yang kurang. Baik untuk berfoto narsis, berbagi keseharian lewat stories, update berita viral, hingga menonton video-video lucu yang bertebaran.

Instagram sebagai media sosial yang mengandalkan fitur berbagi fotonya ini memang sudah jadi keseharian banyak orang. Di Indonesia saja, diperkirakan jumlah penggunanya mencapai 62 juta orang dan menjadi ke-4 terbesar di dunia, di bawah Amerika Serikat, Brasil, dan India.

Tak hanya bersenang-senang, banyak juga yang menggunakan Instagram sebagai mata pencaharian berbekal followers yang seabrek jumlahnya.

Anyways saking serunya, kadang kita lupa kalau berinstagram ria menyedot kuota internet yang tidak sedikit. Bakal tekor kan kalau paket data kita terbatas? Apalagi bila kita sering menghabiskan waktu di luar alih-alih terhubung wi-fi di kantor atau rumah.

Tapi jangan khawatir. Kalau belum ngeh, gampang banget kok caranya supaya tetap seru main Instagram tapi paket data tetap hemat. Sini saya ajarkan!

Meraih penghaslan leat instagram. credit photo: lifehacker
Yuk, segera dicoba tipsnya biar kuota internet kita nggak tekor. credit photo: lifehacker

Tips Hemat Main Instagram

Pertama, buka aplikasi Instagram di smartphone Android kita. Buka setting/pengaturan, account/setting, cellular data use/penggunaan data seluler, gunakan lebih sedikit dengan mengaktifkan data saver/penghemat data.

Nah, setelah penghemat data diaktifkan, video tidak akan langsung terputar saat kita sedang melihat-lihat feeds Instagram kita.

Kedua, di bawah data saver ada opsi untuk memilih kapan high resolution media atau media beresolusi tinggi ditampilkan. Untuk menghemat kuota, kita bisa memilih menampilkannya hanya saat terhubung dengan wi-fi, atau di semua kondisi.

Gampang, kan? Coba saja dan rasakan perbedaannya.

Fitur penghemat data ini sendiri memang menyasar negara-negara berkembang seperti Indonesia yang masih memiliki banyak pengguna dengan akses internet terbatas. Ya, meski banyak yang bisa online, akses internet di negara kita bukan rahasia lagi bukan yang termurah apalagi tercepat di dunia.

Ngomong-ngomong, selain menghemat paket data di Instagram, kita juga bisa membuat penggunaan kuota internet perangkat Android kita secara umum tidak boros. Caranya juga tidak sulit kok, kalau belum tahu, baca selengkapnya di sini.

Click to comment
To Top