Entertainment

EXO Member: Zhang Yi Xing

SayaajarkanZhang Yi Xing lahir pada tanggal 7 Oktober 1991, di Changsa, Hunan, China. Pria yang menyukai angka 10 ini menempati posisi sebagai singer dan dancer dalam komposisi EXO-M. Ia merupakan member EXO yang ke-5 yang diperkenalkan oleh SM Entertainment dan juga satu-satunya member EXO yang berasal dari Tiongkok. Sekalipun bukan warga negara Korea Selatan, namun nayatanya pria yang menyukai musik pop ini bisa beradaptasi dengan member lain yang berasal dari Korea Selatan. Bahkan ia mempunyai nama panggilan ala Korea yaitu Jang I Ssing.

Lay EXO
Credit Photo: liputan6.com

Dunia entertainment bukanlah hal baru bagi Zhang Yi Xing yang dulunya adalah seorang artis cilik. Ia merupakan finalis dalam sebuah ajang pencarian bakat di China ‘Star Academy’ pada 2005. Jalurnya bergabung dalam SM Entertainment adalah melalui SM Global Audition 2008 yang dilaksanakan di Changsa, Tiongkok. Ia kemudian ditempatkan di asrama bersama trainee SM lainnya untuk dilatih bernyanyi, menari, dan akting.

Lay merupakan nama panggung yang sering digunakan oleh Zhang Yi Xing. Nama itu merupakan nama pemberian kakeknya. Namun demikian para fans asal Indonesia lebih sering memanggilnya dengan panggilan Iching. Pria bertinggi badan 177 cm dengan berat 60 kg ini juga memiliki fans fanatik yang disebut dengan Healers.

Mengidap Penyakit Langka

Pria pemilik golongan darah A ini memiliki punya 2 penyakit darah yang langka dan mengerikan, yaitu Bleed Disorder dan Hemofilia. Karenanya pria libra ini tidak bisa sembarangan terima transfusi darah dan apabila dia terluka darahnya akan terus mengucur keluar. Karena penyakitnya ini, member EXO lain kerap tampak melindungi penyuka warna ungu dan hitam ini. Lay sendiri pernah menjalani operasi amandel pada tahun 2004 dan setelahnya Lay sempat koma berhari-hari.

Pemusik Jenius

Lay mempunyai hobby bermain komputer, piano, dan gitar. Uniknya Lay mempelajari piano secara otodidak dan tidak bisa membaca not balok. Pria yang tidak suka pedas ini memainkan piano berdasarkan apa yang didengarnya. Di Sisi lain, Lay juga mampu menciptakan lagu. Walaupun lagu ciptannya banyak tidak dipublish, namun ia sudah cukup senang jika member lain mendengarkan dan menyukai lagunya

Artis Tiongkok Berprestasi

Pada bulan Januari 2015, Lay menduduki peringkat ke-5 dalam daftar “10 Selebriti Paling Populer. Lay kemudian ditunjuk oleh Liga Pemuda Komunis Tiongkok (CYLC) Changsha sebagai duta publisitas pada juli 2016, dan menjadi selebriti pertama yang memegang gelar tersebut.

Pada tanggal 28 Oktober 2016, Lay merilis album mini pertamanya yang berjudul “Lose Control” di Korea Selatan dan TIongkok. Mini album tersebut sukses secara komersial memuncaki Gaon Album Chart dan menjadi nomor-4 di chart Billboard US World Albums. Hal ini menjadikannya Lay sebagai artis Tiongkok pertama yang masuk ke iTunes Top 60.

Pada bulan September 2017 Lay menduduki posisi ke 20 dalam daftar “Forbes China Celebrity 100” dengan penghasilan 120 juta yuan. Popularitas Lay pun diakui oleh museum lilin Madame Tussauds yang membuatkannya dua patung yang ditempatkan di Beijing dan Shanghai.

Dermawan

Sukses di usia muda tak membuat Lay lupa dengan sesama. Ia memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan, bahkan membuat yayasan sendiri bertajuk Zhang Yi Xing Arts Scholarship.

Koreaboo melaporkan bahwa ia mendonasikan uang sekitar 100 ribu yuan tiap tahunnya, untuk beasiswa para murid di bekas sekolahnya dulu.

Muda, sukses, dan dermawan. Rasanya lengkap banget EXO member yang satu ini. Kayanya sayang kalo kamu ga kepoin doi di akun Instagramnya @layzhang

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x