Game

PS5 Digital Edition: Kejutan Dari Sony

PS5 reveal

Sayaajarkan – Sony baru saja mengumumkan PS5 dalam acara PlayStation 5 Reveal. Setelah sempat tertunda akibat kerusuhan yang terjadi di Amerika, Sony akhirnya menunjukan design hardware resmi beserta perlengkapan lainnya. Tentu, tidak hanya itu saja.

Acara yang berdurasi satu jam ini juga memperlihatkan beberapa trailer serta gameplay game yang akan hadir di konsol terbaru dari Sony ini. Dari judul yang familiar seperti Spider-Man, Grand Turismo, Resident Evil, hingga game baru seperti Pragmata sukses memukau.

Walaupun hal di atas sudah cukup membuat gamers bergairah, kejutan masih diberikan oleh Sony. Tidak hanya PlayStasion 5 saja, PS5 Digital Edition-pun hadir sebagai opsi yang menawarkan design yang lebih ramping dan estetis.

Lantas, apa sih bedanya dengan yang reguler?

Design, Spek, dan Perbedaan PS5 Digital Edition

PlayStation 5 reguler maupun Digital Edition memiliki kemiripan dalam design dan spek. Keduanya tampil futuristik dengan perpaduan warna putih dan hitam. Warna ini sepadan dengan kontroler DualSense yang akan menjadi satu paket saat membeli Next-Gen konsol ini.

Speknya-pun tidak berbeda. Keduanya akan bertenagakan CPU 8 Core AMD Zen 2 dan GPU custom berbasis AMD RDNA 2. Chip AMD ini akan menghasilkan kekuatan 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel dari kedua CPU dan GPU-nya.

Jika kita bandingkan dengan Xbox Series X, teraflops yang dihasilkan memang lebih keci. Xbox terbaru ini akan memiliki kekuatan 12 teraflops. Tapi Sony memiliki solusi yang katanya efektif untuk ‘melawan’ performa kompetitornya tersebut. PS5 akan mengandalan solusi SSD yang akan memiliki kapasitas 825GB dan kecepatan 5.5GB/s untuk mempercepat load time saat bermain.

Sebelum acara reveal hari ini (12 Juni 2020), Epic Games sudah mendemonstrasikan teknologi luar biasa dari Unreal 5. Demonstrasi dari engine ini dijalankan di PlayStation 5, memamerkan kemampuan konsol next-gen ini untuk menjalankan teknologinya dengan sangat lancar. Kapabilitas untuk menjalankan cinematic 8k dan juga effect cahaya yang dinamis. Grafis 4K pun memiliki 120Hz refresh rate serta dilengkapi dengan audio 3D.

Lantas perbedaan PS5 reguler dan Digital Edition ada di mana? Jawabannya ada di optical disk Drive-nya. Digital Edition tidak akan memiliki optical disk drive karena seperti namanya, pemain akan langsung membeli gamenya secara digital.

Berkurangnya perangkat disk drive ini membuat Digital Edition ini tampil lebih ramping dan menurut Sayaajarkan lebih indah. Bisa dilihat juga kalau tombolnya yang terlihat berkurang jika dibandingkan dengan versi reguler. Tidak perlu lagi ada tombol eject di edisi digital.

Hal minusnya adalah user tidak akan dapat menggunakan konsol ini sebagai Blu-Ray Player. Tentu, pilihan ada di tangan kalian. Apakah kalian tipe yang lebih suka design yang lebih ‘cantik’ atau kalian tipe kolektor Physical Disc?

Perbedaan PS5 reguler dan digital edition
Dua versi konsol Next-Gen terbaru dari Sony. PS5 Digital Edition dan Reguler. Credit Photo: playstation.com

Harga dan Tanggal Rilis PlayStation 5

Sayangnya, dalam acara reveal hari ini (12 Juni 2020), Sony belum mengumumkan harga resmi dari kedua versi konsol terbarunya ini. Berbagai bocoran di dunia maya mengatakan harganya akan berkisar dari $399 hingga $599.

Sedangkan untuk tanggal rilis, Sony hanya menyatakan bahwa PlayStasion 5 akan hadir di musim liburan 2020. Kita dapat menebak bahwa ini ada di antara bulan Oktober dan Desember. Peluncurannya akan benar-benar head-to-head dengan Xbox Series X yang memiliki tanggal rilis serupa.

Ayuk nabung dan siapkan uang untuk membeli PS5. Kita tunggu lagi pengumuman dari Sony berikutnya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x