Game

Performance Boost PS4 Biar Kembali Lancar

PS4 Performance Boost

Sayaajarkan – PS5 baru-baru ini diumumkan dan gamers akan dapat membelinya di antara bulan Oktober-Desember 2020. Bagi yang memiliki PlayStation 4, sebagian besar pasti sudah memiliki konsol ini lebih dari 1 tahun. Nge-Freeze, nge-lag, dan ‘penyakit’ PS4 lainnya dijamin pernah dialami. Betul? Nampaknya, butuh performance boost nih biar kembali lancar!

Seperti perangkat elektronik lainnya, konsolpun akan mengalami penurunan performa dari penggunaan berkepanjangan. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai faktor. Bisa karena debu, komponen yang ‘aus’, atau mungkin karena data internal yang berantakan.

Banyak dari pengguna berpikir bahwa PS4 ini ‘tahan banting’. Padahal ya sama aja saudara-saudara. Perlu kasih sayang dan perawatan berkala agar performanya bisa terjaga dan tentunya awat minimal sampai kita bisa upgrade ke PS5. 🙂

Nah, ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan performance boost PS4 kita kembali!

Bersihkan Debu Berkala Untuk Mendapatkan Performance Boost

Coba perhatiin ya PS4 kalian. Ada beberapa sisi yang bolong dapat kalian temukan di sana. Bolongan ini adalah rangkaian dari body PlayStation untuk sirkulasi udara. Sirkulasi ini penting karena menjaga komponen di dalam tidak overheat saat penggunaan.

Jika kita tidak pernah membersihkan, debu akan mengumpul di bolongan-bolongan tersebut dan akhirnya mengganggu alur sirkulasi. Komponen akan menjadi panas dan sangat besar kemungkinan akan rusak jika terus-menerus overheat.

Saat PS4 kita mengalami overheat, sistem pengaman konsol ini akan memperlambat performa untuk mengurangi panas yang berlebih ini. Inilah dari user akan merasakan lag dan bahkan permainan jadi freeze. Ekstremenya, PS4nya akan restart bahkan mati dengan sendirinya.

Makannya, lebih baik kita sering-sering lap debu-debu yang menempel di body PS kita. Setiap hari kita lap luarnya dan kalau bisa setiap sebulan sekali, bersihkan debu-debu yang mungkin masuk ke dalam perangkat.

Caranya mudah banget lho, guys. Ga perlu pake obeng dan repot-repot buka sampai kedalam komponen-komponenya PS kita.

Nih, kita bisa ikutin video di bawah ini dari @TronicsFix.

Cara membersihkan PS4 sangat mudah. Credit Video: YT Channel TronicsFix

Rebuild Database Bisa Meningkatkan Performa Juga

Kalau kita sudah bisa rutin bersihin debu yang nempel di body PS kita, sayaajarkan acungi JEMPOL! Tapi ada lagi nih satu langkah yang bisa jadi performance boost PS4 kita.

Caranya kita harus masuk ke Safe Mode dulu dan mencari opsi untuk “Rebuild Database“. Untuk ke Safe Mode, user cukup menyalakan PlayStationnya dengan tombol power yang tersedia di perangkat.

Tekan tombol powernya terus hingga terdengan bunyi “biiip” sebanyak dua kali. Bunyi yang pertama menandakan perangkat nyala. Sedangkan bunyi ke dua menandakan use mengaktifkan safe mode. Baru setelah bunyi ke dua ini tekanan pada tombol power dapat dilepas.

Rebuild Database tidak akan menghapus konten game maupun file save kita di perangkat. Fitur ini hanya membantu PS4 “mengatur” data-data kita menjadi lebih rapih.

Mari kita anggap saja PS itu ibarat rak buku. Sedangkan buku-buku itu adalah file game maupun save data kita. Jika buku-buku tidak kita susun dengan rapih (tidak berdasarkan abjad, atau kategori), maka saat kita hendak mencari menjadi lebih lama karena berantakan.

Beda halnya disaat buku-buku tersusun rapih. Kita bisa langsung menemukan buku yang kita inginkan karena penempatannya sudah sesuai abjad maupun kategori yang sudah dikelompokan.

Data-data dalam file PS4 kita pun sama. Kita tidak hanya bermain satu game saja. Kadang kita menginstall game baru. Game lama kita hapus tapi data savenya masih ada. Hal ini membuat penyimpanan data di PlayStation kita berantakan. Sistem menjadi lebih lama saat hendak mecari file yang diinginkan.

Untuk teman-teman yang familiar sama proses defrag hardisk di PC atau laptop mungkin akan lebih mudah mengerti.

Nah, di bawah ini adalah tutorial video untuk melakukan Rebuild Database dari John Glasscock.

Performance Boost dengan menggunakan opsi Rebuild Database di Safe Mode. Credit Video: YT Channel John GlassCock

Dengan dua cara di atas, PS4 kita akan mendapatkan performance boost sehingga bisa kembali lancar digunakan saat bermain. Jika lag, freeze dan juga restart berulangkali masih terjadi, solusinya bawa ke service center atau ke tukan reparasi PS ya!

Subscribe ke Channel:

@TronicsFix dan John Glasscock.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x