Game

Mario Kart Game Paling Bikin Stres? Kok Bisa?

Mario Kart Game

SayaAjarkan – Agak mengejutkan memang. Namun sebuah studi menyebutkan bahwa game Mario Kart, menduduki peringkat nomor satu, sebagai game yang mampu meningkatkan denyut jantung pemainnya, yang banyak orang mengaitkannya dengan tingkat stres.

Ya! Ketika seseorang mengalami stres, detak jantung akan meningkat, napas lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah meningkat. Dan Mario Kart, tercatat menghasilkan peningkatan detak jantung sebesar 32,81 persen selama periode 30 menit bermain.

Risetnya sendiri berlangsung dengan menguji gamer berpengalaman untuk memainkan daftar video game yang permintaannya paling banyak di pasar. Para gamer yang bermain menggunakan monitor detak jantung.

Penelitian dari BonusFinder ini kemudian menemukan bahwa memainkan game Mario Kart mampu meningkatkan denyut nadi pemain rata-rata 21 detak per menit. Bahkan, di rata-rata detak jantung saat istirahat, di mana normalnya 64 detak per menit, dan kini menjadi 85 detak per menit.

Sebagai catatan, peningkatan 30 persen detak jantung selama memainkan game ini setara dengan hampir setengah dari target peningkatan detak jantung saat berolahraga, dan secara fisik sama dengan berjalan santai.

Baca juga: 5 Alasan untuk Main Pokémon GO Lagi! Nomor 4 Seru Banget

Bagaimana Penelitian Berjalan?

Mengutip Verge Magazine, penelitian ini melibatkan 14 peserta yang memainkan 16 game konsol, PC, dan seluler paling populer dan menantang.

Partisipan yang terpilih, adalah yang terbiasa bermain minimal 15 jam seminggu, dan familiar dengan video game yang terpilih sebagai bagian dari penelitian.

Sumber: Bonusfinder/Verge Magazine

Menurut temuan, game lain yang berhasil masuk top 5 bersama Mario Kart adalah FIFA Soccer (31%), Call of Duty (30%), Dark Souls (28%), dan Fortnite (27%).

Lalu, game apa yang mampu menurunkan stres?

Dalam penelitian ini, terungkap juga bahwa video game tertentu mampu menurunkan detak jantung dan tingkat stres.

Animal Crossing, The Sims, dan Skyrim, semuanya mampu menurunkan detak jantung rata-rata peserta selama sesi 30 menit, sebanyak 5 persen.

Ini akan menjelaskan popularitas mereka, karena meskipun bersaing untuk memenangkan permainan bisa sangat menyenangkan dan bermanfaat, terkadang yang ingin kita lakukan setelah seharian bekerja keras adalah bersantai, berjalan-jalan, dan menghilangkan stres.

Tentang Mario Kart

Mario Kart adalah serangkaian game balapan yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo. Dalam game ini, pemain bersaing dalam balapan go-kart sambil menggunakan berbagai karakter dari seri Mario, serta waralaba game lainnya seperti The Legend of Zelda, Animal Crossing, F-Zero dan Splatoon.

Seri ini diluncurkan pada tahun 1992 dengan judul Super Mario Kart di Super Nintendo Entertainment System. Lalu berlanjut setelah meraih sambutan positif, baik dari sisi kualitas maupun dari sisi penjualan.

Seri Mario Kart saat ini berjumlah empat belas game. Yakni enam di konsol rumah, tiga di konsol genggam. Serta empat game arcade yang dikembangkan bersama dengan Namco, dan satu untuk ponsel.

Game terbaru dari seri utamanya, Mario Kart Live: Home Circuit, rilis di Nintendo Switch pada Oktober 2020. Seri ini telah terjual lebih dari 164,43 juta kopi di seluruh dunia.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top