Movie

Cara Mudah Mengenali DVD Bajakan

Ilustrasi. Credit Photo: home-designing.com

Sayaajarkan – Jika memang suka film, mengapa kita masih senang membeli DVD bajakan? Kita harusnya tidak senang, karena DVD bajakan kualitasnya jauh di bawah yang original.

Hanya saja, di era sekarang teknologi sudah semakin maju. Artinya, pembajakan makin banyak dan merajalela. Dan karena kemajuan teknologi ini jugalah yang membuat banyak pembeli jujur bisa tertipu. Karena cover-nya sudah meyakinkan, special features yang ditawarkan sama persis dan harga juga sama dengan yang aslinya.

Well, memang susah-susah gampang membedakannya. Namun kalau kita jeli, kita bisa mengetahuinya. Sini Saya Ajarkan.

Cek dan Ricek

Sebelum membeli DVD/Blu-ray film yang bersangkutan, pastikan mengeceknya terlebih dahulu ke situs filmnya atau ke situs penjualan online yang terpercaya, seperti Amazon, Barnes and Noble, dsb.

Biasanya di situs-situs tersebut terdapat informasi lengkap mengenai spesifikasi film tersebut. Misal: Format (Blu-ray/DVD, color/black and white, NTSC, Widescreen/Fullscreen), Bahasa, Audio (DTS/Stereo Sound/Dolby Digital), Jumlah Disc, Special Features/Bonus Material, Durasi Waktu Film, Region Film dan Kode Film.

Bisa juga cek di situs seperti IMDb atau Rotten Tomatoes untuk mengecek durasi film, pemainnya siapa saja dan sutradaranya siapa. Dengan mengetahui info yang paling dasar ini, kita akan semakin mudah mengetahui barang yang palsu atau original.

Lihat cover dan Informasi

Masih belum yakin? cobalah lihat covernya atau informasi yang tertulis di sana. Contohnya: DVD/Blu-Ray asli, biasanya ada hologram atau logo studio yang mengeluarkan terlihat dengan jelas. Gambar atau casing-nya juga bersih, rapi dan berkualitas tinggi. Bukan buram atau seperti terlihat habis di fotokopi.

Kemudian di bagian belakangnya, tertulis dengan jelas spesifikasi filmnya. Dan yang tidak kalah penting, CD yang asli jarang sekali tertulis, misalnya: “Region 0”, “Playable in All Region” atau “Region 1 Compatible”.

Jika tertulis seperti itu, kemungkinan besar film-nya bajakan. Apalagi jika ada penulisan kata yang salah, Game Over.

Tips Mengenali DVD Bajakan

Mengecek DVD dengan seksama bisa membuat anda terhindar dari DVD Bajakan. Credit Photo: businessesforsale.com

Warna CD

Film yang asli biasanya warna CD-nya silver atau sedikit kecoklatan. Jika warna-warni (seperti biru, ungu, merah, dll), besar kemungkinan ini film bajakan dan CD-nya yang kualitas murah. Kemudian coba lihat di bagian tengah cakram-nya. Yang asli biasanya akan ada angka / ID barcode, juga terkadang ada nama produsennya.

Copy Protected

Film yang asli akan tertulis “Copy Protected” karena materi yang terkandung didalamnya memang di proteksi oleh hukum. Jika punya DVD film dengan tulisan itu, coba buat copy-nya. Jika bisa dicopy berarti ada kemungkinan kalau DVDnya adalah DVD Bajakan.

Palsu vs Original

Untuk melatih insting Anda, tidak ada salahnya mencoba membeli film yang sama tetapi berbeda penampilan. Satunya kita beli dengan harga murah dan satunya dibeli dari toko terpercaya. Dari situ, kita bisa sangat mudah membedakan mana yang asli dan palsu.

Tips Mengenali DVD Bajakan

Awetnya DVD original dalam waktu panjang bisa menghemat uang anda. Credit Photo: www.lifewire.com

Jika kita memang adalah seorang penikmat film sejati, maka hanya ada 3 pilihan menikmati film yang benar. 1) Menonton di Bioskop. 2) Berlangganan Tv Cable, atau 3) Beli Film Originalnya.

Sedikit catatan, harga film original harganya mahal, tetapi tingkat keawetannya mampu menghemat uang sekaligus menjadi kebanggaan tersendiri ketika seseorang melihat koleksi film kita.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x