Movie

Review Nomadland, Film Peraih Oscar 2021

Nomadland

Sayaajarkan – Pagelaran Academy Awards tahun ini memiliki bidikan yang tepat. Mereka melakukan kerja bagus saat menempatkan Nomadland sebagai Film Terbaik, mengalahkan para kandidat lainnya.

Disutradarai oleh Chloe Zao, film ini memberi gambaran yang luas dan sedikit kejam mengenai arti dari kata ‘perjalanan.’

Ya, sebagian besar dari kita terbiasa untuk selalu mempunyai tujuan saat melakukan perjalanan. Namun ada beberapa orang yang tak memilikinya, dan Nomadland akan menceritakan tentang mereka.

Nomadland, dimana hidup adalah perjalanan

Nomadland berkisah tentang Fern (Frances McDormand), seorang wanita berusia 60-an yang ditinggal mati suaminya.

Kehidupannya semakin sulit setelah perusahaan tempat ia dan suami bekerja gulung tikar.

Nasib buruk tersebut pada akhirnya memaksa Fern untuk hidup di dalam mobil van. Terkadang ia juga harus bekerja paruh waktu di sana-sini untuk bertahan hidup.

Setelah memasuki seperempat awal film, cerita kemudian berkembang lewat pertemuan Fern dengan beberapa pengembara lainnya. Mereka akan saling berbagi duka, dan isi pikiran, yang mampu membuat kita merenung tentang arti kata ‘hidup.’

Atmosfir duka di hampir sepanjang film

Sebagai Road movie, Nomadland tampil dengan atmosfir duka yang cukup kental.

Kita diajak memahami isi pikiran Fern, dan orang-orang seperjuangannya, yang tengah mencoba mengisi kekosongan hati dengan ratusan kilometer.

Kebanyakan dari mereka memilih bertualang sendiri, bergelut dengan penderitaan batin masing-masing di tengah iklim yang terkadang indah, dan terkadang berbahaya.

Menariknya, Fern juga bukan sekadar tokoh dua dimensi, dimana motivasinya untuk tinggal di dalam van hanya karena tak memiliki uang.

Ada beban besar di hati Fern, yang pelan-pelan akan dibaginya lewat perjalanan yang ia lakukan. Dan semua itu, tak bisa dipungkiri adalah bagian terbaik dari film ini.

Overall, Nomadland adalah sebuah gambaran tentang cara manusia dalam menghadapi kehilangan.

Film ini sangat-sangat menenangkan untuk kamu saksikan. Terutama jika kamu sedang goyah dan kehilangan makna ‘rumah.’

Tertarik untuk menonton? Film ini bisa kamu saksikan di Disney+, yang bisa kamu dapatkan melalui layar tv, komputer, atau bahkan smartphone yang sedang kamu genggam.

Selamat menonton. Semoga kamu menemukan sisi nyaman dalam perjalananmu.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x