Movie

Loki ‘Marvel’ ternyata Gender Fluid, Apa Maksudnya?

Gender fluid sang Loki Marvel

SayaAjarkan – Sudah menonton serial terbaru MCU, Loki? Jika iya, pasti akan ngeh dengan berkas penangkapan adik Thor itu, dimana di situ tertulis jika ia adalah gender fluid.

Ini bukan sekadar gimmick serial TV lho, melainkan sebuah penegasan mengenai jati diri asli Loki yang memang tergambar di komiknya.

Lalu, apa sebenarnya gender fluid itu? Yuk kita pelajari artinya bersama-sama.

Loki

Mengenal fluiditas gender

Berbeda dengan Cisgender, di mana identitas gender seseorang sesuai dan bertahan dengan jenis kelamin mereka, fluiditas gender mengacu pada perubahan ekspresi atau identitas gender dari waktu ke waktu.

Perubahan itu bisa dalam bentuk ekspresi, identitas, atau bahkan keduanya.

Bagi sebagian remaja, fluiditas gender mungkin merupakan cara untuk mengeksplorasi gender, sebelum mendarat pada ekspresi atau identitas gender yang lebih stabil.

Namun bagi yang lain, fluiditas gender dapat berlanjut tanpa batas, sebagai bagian dari pengalaman hidup mereka.

Gender yang terus berubah

Normalnya, identitas dan ekspresi gender berkembang lebih awal, yakni di antara usia 2 atau 3 tahun, dan akan tetap sama dari waktu ke waktu.

Namun dalam beberapa kasus, termasuk transgender, non biner, serta gender fluid, identitas dan ekspresi bisa berubah.

Meskipun dapat terjadi kapan saja selama hidup seseorang, namun perubahannya lebih sering terjadi selama masa kanak-kanak dan remaja, daripada di masa dewasa.

Bedanya gender fluid dan transgender?

Meski mirip, namun transgender belum tentu gender fluid.

Sebagai contoh, seseorang yang lahir sebagai laki-laki, kemudian memilih menjadi perempuan setelah menginjak remaja, dan bertahan selama sisa hidupnya, ia bisa kita sebut sebagai transgender, namun belum tentu gender fluid.

Sementara orang yang mengidentifikasi diri sebagai anak laki-laki sampai mereka berusia 20-an, lalu memilih jadi perempuan, dan kemudian mengidentifikasi diri sebagai anak laki-laki lagi di masa dewasa. Orang ini baru dapat dianggap gender fluid.

Mirip ya… Nah, pada akhirnya, yang bisa mengidentifikasi ini secara tepat, adalah orang itu sendiri.

Loki

Loki…

Lalu, bagaimana dengan Loki? Di versi komiknya, kita akan berkenalan dengan Lady Loki, yang tak lain adalah dirinya dalam versi perempuan.

Pertanyaannya, apakah ini juga akan terjadi di versi filmnya? Hmm, sepertinya hanya Kevin Fiege selaku bos MCU yang bisa menjawabnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x