Movie

Horor Terlaris Taiwan Incantation, Seram Mana sama KKN?

Adegan di film Incantation

SayaAjarkan – Sineas Taiwan, Kevin Ko belum lama ini sukses menggebrak ranah horor lewat karya terbarunya yang berjudul Incantation.

Tersaji dalam format mockumentary, film ini kabarnya mampu membuat bulu kudu penontonnya berdiri, dan bahkan ada yang sampai tak bisa tidur karena terngiang-ngiang terus setelah menonton filmnya.

Menariknya lagi, Incantation juga konon terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di tahun 2005 di Gushan, Taiwan.

Lantas, apa yang membuat film tersebut sebegitu mengerikannya? Dan seram mana sama film horor terlaris asal Indonesia, KKN di Desa Penari yang juga berasal dari kisah nyata? Mari kita bahas bersama-sama.

Sinopsis Incantation

Alur Film Incantation sebenarnya cukup sederhana. Filmnya bercerita mengenai seorang ibu bernama Li Ronan (Tsai Hsuan-yen) yang merasa bahwa hidupnya sedang dikutuk. Kutukan itu membuat hidupnya, putri kecilnya, dan orang-orang di sekitarnya dalam bahaya.

Untuk mencari bantuan, Li Ronan kemudian membuat sebuah blog. Ia mengajak penonton mencari tahu penyebab di balik kutukan mengerikan itu, dan cara untuk menyelesaikannya.

Namun, semua tidak berjalan begitu baik. Kengerian demi kengerian pun satu persatu terekam dalam dokumentasinya.

Unggul dalam setting, namun kedodoran di alur

Dengan menggunakan format mockumentary, Incantation cukup mampu menarik perhatian sejak di awal.

Simbol-simbol, serta mantra yang film ini perkenalkan berhasil membuat penontonnya larut dalam cerita. Termasuk ikut merasakan atmosfir kengerian yang tersaji di hampir sepanjang durasi.

Tak hanya itu, Incantation juga unggul dalam menampilkan set serta properti yang dibutuhkan oleh cerita, sehingga semuanya terasa real, tanpa ada yang nampak dibuat-buat. Maklum saja, mengutip dari laman Girl Style, Kevin Ko mengaku jika sebagian besar budget lari ke set dan properti, termasuk patung raksasa Ibu-Buddha yang jadi senjata pamungkas film ini.

Sayangnya, di luar kepiawaian akting dan daftar keunggulan di atas, alur Incantation agak kedodoran. Banyak bagian yang sebenarnya tidak terlalu perlu tampil dengan durasi yang terlalu lama, yang pada akhirnya membuat ketegangannya sedikit mereda, bahkan berisiko menghadirkan kebosanan.

Namun, di luar itu, Incantation adalah sebuah tanda seru, yang memastikan kalau genre found footage masih akan bertahan hingga setidaknya dekade kedepan. Masih banyak yang bisa digali dari genre ini, dan mampu membuat para penikmat film ketagihan meski kadang dibuat pusing oleh gambarnya yang naik turun.

Incantation saat ini sudah tayang di Netflix. Apakah kamu berani menontonnya?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x