Movie

Pesta Hantu di Oktober! Ini Deretan Horor Indonesia yang Siap Rilis

Adegan di film Horor Hidayah

SayaAjarkan – Horor masih terus menjadi komoditi yang menggiurkan di ranah perfilman Tanah Air. Di tahun ini saja, tercatat sudah ada sejumlah film horor yang rilis, mulai dari KKN di Desa Penari, Pengabdi Setan 2: Communion, Ivanna, The Doll 3, The Scary Riana 2: Bloody Mary, Kuntilanak 3, Mumun, Menjelang Maghrib, Teluh, hingga Jailangkung: Sandekala.

Beberapa dari judul di atas mampu mendatangkan lebih dari 1 juta penonton. Sebut saja KKN yang sukses menjadi film indonesia terlaris sepanjang masa dengan 9,2 juta penonton, diikuti Pengabdi Setan 2 dengan 6,3 juta penonton, Ivanna (2,3 juta), The Doll 3 (1,7 juta), serta Kuntilanak 3 di angka 1,3 juta.

Dengan deretan angka di atas, tak berlebihan rasanya jika menyebut tahun ini adalah tahun keemasan bagi Horor Indonesia. Semuanya kian terbantu oleh minimnya rilisan horor sejenis dari Hollywood.

Masih ada Banyak Horor Baru yang Akan Rilis

Tak berhenti dengan judul-judul di atas, masih ada sejumlah film horor yang akan menakuti kita pada Oktober mendatang. Berikut beberapa di antaranya, yang sepertinya layak masuk ke jadwal tontonanmu.

Jagat Arwah (29 September 2022)
Di antara semua horor yang bakal rilis di sisa tahun ini, Jagat Arwah terasa menjadi film yang paling menawarkan kesegaran dalam hal cerita. Konsep dunia arwah beserta mitologi-mitologinya, memiliki potensi yang sangat menarik.

Jagat Arwah bercerita tentang seorang pria bernama Raga yang harus menghadapi dua jagat, yakni jagat manusia dan jagat arwah. Semua itu demi sebuah tanggung jawab besar yang harus ia emban.

Jagat Arwah disutradarai oleh Ruben Adrian, dan kaya akan kast-kast potensial seperti Ari Irham, Sheila Dara, Oka Antara, serta Ganindra Bimo.

Pamali (6 Oktober 2022)
Film ini mengadaptasi game horor Indonesia, Pamali: Indonesia Folklore Horror, produksi Story Tale Studios di 2018.

Filmnya bercerita tentang pasangan suami-istri, Jaka Sunarya (Marthino Lio) dan Rika (Putri Ayudya) yang baru saja pindah ke rumah peninggalan orangtua Jaka, yang terletak di sebuah desa yang masih menganut ajaran adat yang begitu kental.

Ketika tiba di desa tersebut, Jaka dan Rika tanpa sengaja melanggar tradisi yang ada di sana. Berbagai kelalaian yang keduanya lakukan pada akhirnya mengantarkan mereka ke sebuah mimpi buruk yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Pamali adalah film karya sutradara Bobby Prasetyo, yang sebelumnya sempat unjuk kebolehan lewat film horor Eyang Putri.

Kalian Pantas Mati dan Inang…

Kalian Pantas Mati (13 Oktober 2022)
Tak kalah dengan Jagat Arwah, Kalian Pantas Mati juga hadir menawarkan tema baru yang cukup fresh. Film ini mengadaptasi dari film horor Korea Selatan, Mourning Grave karya sutradara Oh In-chul.

Kalian Pantas Mati bercerita tentang Rakka yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal. Ia lantas menggunakan kemampuannya tersebut untuk menghentikan roh jahat yang memiliki dendam terhadap teman-teman sekolahnya.

Untuk versi Indonesianya, film ini menampilkan Emir Mahira dan Zee JKT48 sebagai bintang utamanya, serta Ginanti Rona (Story of Dinda: Second Chance of Happiness) sebagai sutradaranya.

Inang (13 Oktober 2022)
Sebelum tayang di Indonesia pada 13 Oktober 2022 mendatang, film ini sudah menunjukkan kemampuannya di Festival Film Fantasi Internasional Bucheon pada 7 Juli 2022 lalu.

Disutradarai oleh Fajar Nugros (Yo Wis Ben), film ini dengan apik mampu menyuguhkan sisi liar dari kehidupan di pinggiran Kota, dan menggabungkannya dengan thriller bertema mitos yang menawan.

Ceritanya berfokus kepada pegawai minimarket Wulan, yang dihamili dan ditinggal pergi oleh kekasihnya. Ketika bergulat dengan masalah tersebut, Wulan kemudian mendapat tawaran dari sepasang suami istri yang belum memiliki anak, untuk mengadopsi anaknya.

Inang dibintangi oleh Naysilla Mirdad, Dimas Anggara, serta dua bintang senior yakni Lydia Kandou, dan Rukman Rosadi.

Baca juga:

https://www.youtube.com/watch?v=IugWMQMyc0Y

Hidayah dan Qodrat

Hidayah (20 Oktober 2022)
Sutradara Monty Tiwa kembali unjuk gigi. Kali ini dengan horor terbaru yang bertajuk Hidayah.

Entah ada hubungannya atau tidak dengan serial horor-religi yang sempat populer di Tanah Air, namun nama Monty Tiwa sendiri sudah bisa kita jadikan jaminan jika filmnya tidak akan asal dibuat.

Beberapa contoh horor yang dibuat oleh Monty Tiwa antara lain Pocong 3, Keramat, hingga Pocong The Origin. Semuanya terbilang apik, terutama Keramat yang boleh kita sebut sebagai salah satu horor terbaik Indonesia.

Film Hidayah dibintangi oleh wajah-wajah anyar seperti Ajil Ditto, Givina, Alif Joerg, dan masih banyak lagi.

Qodrat (27 Oktober 2022)
Yang terakhir di Oktober, ada film Qodrat yang dibintangi oleh Vino G. Bastian yang tengah panen pujian lewat film terbarunya, Miracle in Cell No.7.

Meski belum ada sinopsis yang lengkap mengenai ceritanya, namun film Qodrat nampak mengadaptasi unsur visual yang khas dari sutradara Joko Anwar (Pengabdi Setan), serta penyuguhan tema horor-religi dengan pengusiran setan yang mengingatkan kita akan film The Exorcist (1973) dan Constantine (2005).

Qodrat disutradarai oleh Charles Gozali, dan turut dibintangi juga oleh Randy Pangalila dan Marsha Timothy.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top