Food

Bawang Putih dan Efek Hebat Bagi Kesehatan

bawang putih

Sayaajarkan – Bawang Putih atau dikenal juga dengan nama Bahasa Latin-nya yaitu Allium Sativum, merupakan tanaman yang lazim digunakan untuk tujuan medis maupun memasak selama berabad-abad. Pahit dan kuat dalam rasa, ia juga memiliki khasiat medis yang sangat baik.

Bawang Putih adalah obat alami dan bisa mengobati segala jenis infeksi karena kandungan Thiamin di dalamnya. Ia juga memiliki jumlah Germanium terukur (mineral yang memperkuat sistem kekebalan tubuh) dan sangat baik dalam penyembuhan luka.

Berikut 5 manfaat lainnya bagi kesehatan:

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut situs naturalblaze.com, salah satu cara yang bisa digunakan untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Selain sebagai bumbu masakan, ia juga ampuh untuk melawan berbagai penyakit seperti infeksi pernafasan, batuk, pilek, dan lain sebagainya.

Selain bisa dimakan langsung, kita juga bisa menggunakan cara mencelupkannya ke madu terlebih dahulu. Lakukan cara ini ketika gejala-gejala mau sakit mulai menyerang.bawang putih

Anti Kanker

Bagaimana bisa? Penelitian pada 2015 menunjukkan bahwa zat-zat aktif dalam bawang putih adalah vitamin A,B,C, kalsium, potasium, besi, karoten dan selenium. Kemudian ada zat lain lagi bernama diallyl sulfide (DAS), diallyl disulfide (DADS), diallyl trisulfide (DATS), S-allyl cystein, S-allylmercaptocystein, allicin dan ajoene yang dapat memberikan perlindungan terhadap karsinogen (pemicu kanker).

Pada tahap selanjutnya, komponen-komponen tersebut dapat mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan bahkan memaksa sel kanker untuk bunuh diri (apoptosis).

bawang putih

Kaya Antioksidan

Seperti kita ketahui, antioksidan selain untuk memperkuat daya tahan tubuh juga berfungsi untuk menghambat proses penuaan dini. Ekstrak bawang putih terbukti dapat mencegah kerutan pada wajah dan tubuh khususnya wanita.

Menurunkan Resiko Terjadinya Diabetes

Bawang putih dapat membantu menurunkan  kadar gula darah dalam tubuh. Bawang putih juga dapat memicu fungsi hati untuk menghasilkan insulin sehingga dapat membantu mengendalikan kadar gula.

Membangkitkan Gairah Seks

Bawang putih mengandung zat allicin, yaitu bahan yang dapat meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Karena itu, bagi baik pria maupun wanita, dapat meningkatkan vitalitas dan daya tahan seksual. Jika aliran darah dan arteri terhambat, daya tahan seks juga akan menurun.

Karena aroma yang cukup tajam, maka disarankan makan bawang putih tidak banyak-banyak. Cukup maksimal 2 siung per hari jika kita makan secara mentah. Dan setelah itu, jangan lupa sikat gigi atau makan sesuatu yang bisa menyegarkan nafas yaa.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x