Health

Ingin Berhenti Merokok? Ikuti 3 Tips Ini!

Sayaajarkan – Merokok atau tidak adalah hak dan pilihan pribadi. Tapi bagi yang terpikir untuk berhenti, selain buruk bagi kesehatan, tidak merokok juga dapat memberikan banyak sekali manfaat tambahan lho.

Bayangkan berapa uang yang bisa kita tabung dan apa yang bisa kita beli dengan uang yang terkumpul dengan menggunakan uang yang biasa kita belikan untuk rokok. Selain tubuh sehat, kita juga jadi hemat.

Berhenti merokok memang sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin. Coba ikuti cara-cara berikut yang telah  dirangkum dari berbagai sumber, semoga membantu:

1. Tentukanlah Target

Membuat rencana yang matang dapat mempermudah usaha kita dalam menghentikan kebiasaan merokok. Sebuah rencana akan membuat kita lebih fokus, percaya diri, dan termotivasi untuk berhenti.

Setiap orang mungkin punya caranya sendiri. Namun yang pasti, tentukanlah target. Misalnya, kita harus sudah berhenti secara total dalam waktu sebulan kedepan.

Bisa juga bila biasanya kita dapat membeli rokok hingga sebungkus dalam sehari, cobalah untuk menguranginya hingga setengah di minggu pertama. Kurangilah lagi secara berkala di minggu kedua dan seterusnya, mungkin dari setengah hingga setengahnya lagi, hingga tidak sama sekali.merorkok

2. Sibukan Diri

Saat kita sibuk, pikiran untuk melakukan mungkin akan terlupakan.

Coba lakukan berbagai aktivitas yang jauh dari rokok seperti: olahraga, nonton film di bioskop, atau kunjungilah tempat-tempat lain dimana terdapat larangan untuk menghisap rokok seperti perpustakaan.

merokok

3. Jauhi Pemicu Keinginan untuk Merokok

Pemicu untuk merokok bisa bermacam-macam. Dari teman-teman perokok, tempat, atau situasi sosial seperti pesta.

Kita mungkin tak bisa menghindari semuanya, tapi cobalah untuk setidaknya membuang benda-benda yang akan mengingatkan pada rokok seperti asbak atau korek api. Juga pastikan tidak menyimpan rokok sama sekali ya!

Dengan demikian setidaknya kebiasan merokok akan tetap terkurangi.

merokok

Well, kesimpulannya adalah tak ada yang mudah. Tetap semangat dan konsisten. Setidaknya kurangi dulu, hingga berhenti. Tak ada yang instan, semua butuh perjuangan. Pelan-pelan saja supaya tidak merasa terbebani.

Jalanilah hidup sehat agar dapat memiliki waktu lebih lama dengan orang-orang yang kita cintai di dunia ini.

Good luck!

 

 

 

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x