Health

Tusuk Gigi: 7 Bahaya yang Perlu Kamu Tahu

Tusuk gigi. Credit Photo: CMhouston.org

Sayaajarkan – Kadang setelah makan kita merasa ada sisa makanan yang menyangkut di sela gigi. Pasti gatal menyungkilnya dengan tusuk gigi.

Tapi jangan buru-buru atau terlalu sering melakukannya deh. Tahu nggak kalau tusuk gigi memiliki sederet efek buruk?

Ya, seperti dilansir dari Boldsky, setidaknya ada tujuh alasan kita sebaiknya menghindari memakai tusuk gigi.

Abrasi

Mencungkil sisa makanan di sela gigi bisa menybabkan abrasi alias pengikisan hingga berdarah lho. Kalau kita melakukannya menerus hal ini bisa merusak seluruh gigi.

Penyakit Gusi

Nggak mau dong gusi rusak? Sesekali pakai tusuk gigi mungkin nggak masalah, tapi kalau keseringan bukan gigi kita saja yang terkikis tapi juga bisa melukai gusi bahkan menyebabkan penyakit.

Bahaya Tusuk Gigi

Ada cara yang lebih aman ketimbang pakai tusuk gigi. Credit Photo: Thisoldhouse.com

Membuat gigi berjarak

Terus menerus menyungkil sela gigi bisa menyebabkan gigi kita berjarak. Selain senyum nggak sempurna lagi, sisa makanan yang tertinggal akan lebih banyak lagi karena tersedianya ruang di gigi.

Merusak Enamel Gigi

Kebiasan menyugkil gigi bisa merusak lapisan enamel. Enamel merupakan lapisan terluar gigi yang berfungsi melindungi gigi dari keruskaan akibat makanan. Semakin tipis enamel maka akan semakin mudah kuman dan bakteri masuk ke dalam jaringan dan syaraf gigi yang nantinya bisa menyebabkan masalah seperti gigi sensitif hingga lubang. Nggak mau dong?

Merusak akar gigi

Gigi dicungkil nggak cuma bisa merusak bagian luarnya saja, juga bisa merusak akar gigi. Di beberapa kasus sampai menimbulkan sakit luar biasa. Khawatir kan? Makanya stop mencungkil gigi.

Bahaya Tusuk Gigi

Jangan cuma karena kebiasaan memakai tusuk gigi, gusi dan gigi kita jadi bermasalah di kemudian hari. Credit Photo: thenaturalpenguin.com

Merusak Veneer

Bagi yang giginya diputihkan dengan cara di-veneer, jauhi tusuk gigi. Sayang dong sudah bayar mahal-mahal ke dokter veener gigi terus rusak gara-gara hobi diutak-atik.

Bau Mulut

Ini dia yang paling nggak banget: bau mulut atau bau nafas. Sisa makanan yang tersimpan di sela gigi setelah beberapa waktu pastinya membusuk dan bau. Bau tersebut pasti akan menyeruak keluar saat kita mencungkilnya menggunakan tusuk gigi.

Terus gimana dong biar makanan nggak nyangkut di sela gigi dan kita nggak butuh tusuk gigi buat membersihannya? Well, saran saya, selain pilih-pilih makanan yang kemungkinan menyangkutnya kecil, ya kumur pakai air hangat atau gosok gigi.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x